Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Negatif Perang Diskon buat Balai Lelang Mobil

Kompas.com - 19/05/2018, 09:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terhitung sejak Januari 2018 para diler mobil baru sudah mulai menawarkan diskon besar-besaran buat beberapa model. Terutama segmen low multi purpose vehicle (LMPV) bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Kondisi seperti itu ternyata berdampak negatif buat lelang mobil. Hal tersebut yang ikut dirasakan oleh Ibid-Balai Lelang Serasi dalam empat bulan pertama 2018 ini.

"Maret-April kenaikan hanya 10-15 persen, beda dengan dua tahun lalu yang bisa mencapai 35 persen," ucap Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur Ibid-Balai Lelang Serasi di Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Pria yang akarab disapa Doxa itu melanjutkan, tren menjelang Lebaran memang meningkat dibanding bulan biasanya. Tetapi, untuk tahun ini diperkirakan tidak akan signifikan, seperti dua tahun ke belakang.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Ikutan Lelang Mobil

"Mungkin terjadi peningkatan 10-20 persen saja, itu semua karena perang diskon mobil baru yang cukup besar. Kalau tidak seperti itu, kami bisa lebih baik lagi dari kondisi sekarang ini," ujar Doxa.

Target 2018, Doxa pernah mengatakan sampai akhir tahun ini bisa menjual 34.000 unit atau meningkat 41,66 persen dari 24.000 unit di tahun lalu.

"Harapannya daya beli juga meningkat dan diskon mobil baru tidak terlalu besar," kata Doxa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com