Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Mau Ambil Alih Fiat-Chrysler

Kompas.com - 01/07/2018, 11:05 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabar Hyundai ingin membeli pabrikan Italia-Amerika Serikat, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) muncul lagi dan sekarang lebih serius.

Asia Times melaporkan CEO Hyundai Motor Group Chung Mong-Koo sedang mengamati bursa saham dengan seksama untuk menentukan waktu yang tepat mengambil alih FCA.

Pembelian itu disebut bakal terjadi dalam tempo sejak saat ini hingga CEO FCA, Sergio Marchionne, mengundurkan diri pada April 2019. Keputusan jadwal pengunduran diri Marchionne sudah terungkap pada rapat tahunan grup pemilik merek-merek seperti Jeep, Alfa Romeo, Dodge, Fiat, dan Chrysler itu.

Saat Marchionne pergi, pimpinan FCA bakal vakum. Chaiman dan pemegang saham mayoritas FCA John Elkaan dikatakan tidak tertarik menjalani bisnis otomotif, jadi merger dengan Hyundai merupakan opsi menarik.

Baca juga: Hyundai Mau Membeli FCA?

Hyundai yang berasal dari Korea Selatan bisa jadi rekan potensial buat FCA yang lemah di regional Asia. Area perdagangan bebas antara Amerika Serikat dan Korea Selatan bisa menghemat biaya distribusi.

Ketertarikan Hyundai pada FCA sudah diketahui sejak tahun lalu. Namun pernyataan resmi dari kedua pihak menyangkal informasi itu.

Marchionne pernah menyatakan niatnya agar FCA merger dengan pabrikan lain. General Motors merupakan salah satu pabrikan yang pernah dilobi selain itu, PSA (Peugeot-Citroen) dan Great Wall (asal China) juga masuk bidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com