Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pebalap MotoGP 2019 Bisa Berkurang

Kompas.com - 22/06/2018, 12:27 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Krisis manajemen pada tim Marc VDS dan belum resminya tim satelit Yamaha, bisa membuat MotoGP musim depan dimulai dengan lebih sedikit pebalap. Saat ini MotoGP diikuti 24 pebalap, musim depan ada kemungkinan hanya 22 pebalap.

Marc VDS yang selama ini bekerja sebagai tim satelit Honda sedang bermasalah. Bos tim Marc VDS, Michael Barthelomy, memutuskan keluar setelah bergesekan dengan pemilik, Michael van der Straten. Bila Marc VDS absen musim depan, kuota pebalap bakal berkurang.

Pebalap Yamaha Tech3 Johann Zarco.MOTORSPORT.com Pebalap Yamaha Tech3 Johann Zarco.

Kemungkinan 22 pebalap di grid MotoGP 2019 juga datang dari belum jelasnya tim satelit Yamaha. Tim balap satelit Yamaha saat ini, Tech 3, pindah ke KTM mulai musim depan.

Sebelumnya sempat ada kabar, Yamaha ingin menggandeng Marc VDS sebagai tim satelit. Namun rencana itu kemungkinan gagal karena masalah internal Marc VDS.

Yamaha punya opsi lain dengan dukungan sponsor dari Malaysia, Petronas dan Sirkuit Sepang, buat membentuk tim satelit baru. Tadinya mereka sempat ingin merekrut Jorge Lorenzo (Ducati). Namun Lorenzo resmi geser ke Honda.

Sekarang ada peluang menggandeng Dani Pedrosa (Honda) ataupun pebalap Marc VDS saat ini Franco Morbidelli.

Baca juga: Bos Yamaha Kirim Kode Keras buat Pedrosa

“Situasinya saat ini belum terkonfirmasi tapi saya bisa bilang pembicaraan sedang berjalan sangat baik,” jawab bos tim Yamaha MotoGP Lin Jarvis soal perkembangan tim satelit Yamaha, motorsport.com.

Selain masuk ke MotoGP lewat Yamaha, Petronas dan Sirkuit Sepang juga memiliki beberapa pilihan lain. Di antaranya bekerja sama dengan tim satelit Ducati, Angel Nieto, atau berdiri sendiri dengan membeli aset Marc VDS.

Semua kemungkinan itu ujung-ujungnya bikin jumlah pebalap MotoGP musim depan berkurang. Hal itu membuka peluang masuk tim baru, misalnya dari manajemen Valentino Rossi, VR46, yang saat ini sudah berkompetisi di Moto2 dan Moto3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com