Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai "Dashboard Message", Vinales Raih Start Ketiga

Kompas.com - 03/06/2018, 10:31 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MUGELLO, KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha Maverick Vinales berhasil meraih posisi start ketiga dari hasil kualifikasi GP Italia, Sabtu (2/6/2018).

Maverick menceritakan faktor penting yang membuatnya dapat bertahan hingga sesi kualifikasi kedua (Q2) setelah dirinya harus berusaha dari sesi kualifikasi pertama (Q1).

Vinales menceritakan saat Q1 dirinya mendapat pesan dari timnya di dashboard motornya yang memberitahu bahwa pebalap Tito Rabat membuntutinya di belakang. Pebalap Avintia Ducati ini diduga ingin mendapatkan efek slipstream di lintasan lurus guna menambah catatan waktu miliknya.

Vinales yang mendapatkan pesan tersebut segera menghentikan usahanya mencatatkan waktu tercepat. Taktik ini kemudian berhasil sehingga Vinales melaju ke Q2 bersama pebalap Pramac Ducati Jack Miller dan akhirnya mendapatkan posisi start ketiga.

"Saya beruntung, jika ia (Rabat) mengambil keuntungan dari slipstream bisa jadi saya tidak mendapatkan start ketiga ini. Tim mengirimkan pesan ke saya untuk berhenti berusaha mencatatkan waktu tercepat dan ini jadi keputusan penting hingga akhirnya saya ada di posisi terdepan," ucap Vinales.

Baca juga: Dovizioso Buka Suara soal Keberhasilan Catat Rekor Kecepatan MotoGP

Dashboard message sendiri menjadi peraturan baru di MotoGP musim 2018. Melalui teknologi ini pebalap dapat menerima pesan dari timnya di layar dashboard berupa sinyal peringatan soal bendera saat balapan, mengganti sepeda motor saat kondisi hujan dan sebagainya.

Kesulitan di latihan bebas

Vinales sendiri sempat keluar dari posisi 10 besar di latihan bebas ketiga (FP3) yang membuatnya harus mengikuti Q1. Vinales menceritakan permasalahan terjadi karena settingan yang salah terhadap tunggangannya YZR-M1.

"Pagi tadi (saat FP3) performanya sangat buruk sehingga saya tidak berharap dapat berada di posisi terdepan. Kami bekerja keras dan kami tahu ada masalah sehingga kami berusaha mengerjakannya," ucap VInales.

Baca juga: Vinales Sebut Tim Rossi Jauh Lebih Baik

Pada latihan bebas keempat Vinales mendapatkan kepercayaan diri terutama pada usia pakai ban. Ia mengungkapkan saat Q1 ia mencoba berbagai pilihan ban dan pada Q2 ia mencoba menggunakan ban medium dan soft.

"Rasanya semakin baik. Ini memang kondisi yang menyulitkan tapi kami tidak menyerah sehingga kami bisa berada di posisi terdepan," ujar Vinales.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com