Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan buat Indonesia Gelar MotoGP

Kompas.com - 22/05/2018, 15:25 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) menyatakan mendukung MotoGP digelar di Tanah Air. Paguyuban yang dihuni para perusahaan otomotif roda dua terbesar di dalam negeri itu juga merasa punya kepentingan, karena MotoGP dinilai berdampak positif buat industri.

Indonesia adalah negara penghasil motor terbesar ketiga di dunia, setelah China dan India. Sedangkan dari total penjualan motor di Asia Tenggara sebanyak 9,4 juta unit pada 2017, Indonesia merupakan kontributor terbesar. 

Baca juga: MotoGP Indonesia 2020 di Sentul atau Lombok?

“Perlu (AISI berperan mendukung MotoGP). Kita kan negara terbesar ketiga penghasil motor, di ASEAN kan kami berkontribusi 50 persen. Ya kami pasti mendukung, AISI kan di atas anggota-anggotanya,” ucap Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI, Senin (21/5/2018).

Sigit menjelaskan pembahasan terkait “MotoGP Indonesia” sudah pernah dibicarakan informal di antara anggotanya, namun belum sampai ke tahap serius. Menurut Sigit para anggota AISI siap mendukung asalkan Indonesia sudah sah masuk dalam kalender yang ditetapkan penyelenggara MotoGP, Dorna Sport.

“APM (Agen Pemegang Merek) mau. Tapi kalau tidak masuk jalur internasional, mereka tidak mau,” ucap Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com