Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saran buat yang Mau Sewa Mobil buat Mudik

Kompas.com - 20/05/2018, 08:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyewa kendaraan buat perjalanan jarak jauh atau saat mudik lebaran tak bisa asal saja. Namun, perlu memperhatikan beberapa hal supaya perjalanan lancar. Walalupun ada kendala, setidaknya tak membuat repot.

Agus Riyadi, Chief Operating Officer TRAC-Astra Rent a Car, penyewaan mobil milik Astra, coba berbagi beberapa tips atau saran, buat sebagain masyarakat yang ingin nge-rental kendaraan buat ke kampung halaman.

Pertama, pastikan kendaraan yang ditawarkan dan yang diminta jelas spesifiasi dan jenisnya.

“Misalnya saya menyewakan Innova, dan pastikan tahun berapa, jadi lebih spesifik. Kemudian ketika kita ingin sewa Innova tahun 2017, yang di berikan oleh perusahaan sewa kepada kita sesuai,” ujar Agus, Jumat (18/5/2018).

Kedua, yang perlu diperhatikan konsumen adalah soal pelayanan perusahaan rentalnya.

Baca juga: Musim Mudik, Awas Kena “Palak” Rental Mobil!

Sosor Rant Car yang berlokasi di Jalan Kalibata Raya Cililitan Kecil.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Sosor Rant Car yang berlokasi di Jalan Kalibata Raya Cililitan Kecil.

“Kendaraan yang kita akan pakai adalah untuk jarak jauh atau keluar kota. Jadi perusahaan itu punya atau tidak emergency 24 jam, dan itu penting. Jadi customer sewa mobil aman dan nyaman, di mana itu yang diharapkan kita sebagai konsumen,” kata Agus.

Ketiga terkait dengan jaringan dan bengkelnya ada tidak di kota tujuan kita, atau sepanjang jalur yang akan kita lewati. Pasalnya, ketika ada satu masalah dan membutuhkan mobil pengganti, bisa langsung tersedia dan tak menunggu lama.

Keempat, pastikan ketika menerima kendaraan lakukan pengecekan terlebih dahulu fungsi-fungsi mobilnya, masih bagus atau tidak. Bahkan jadi hal wajib untuk dibawa jalan atau test drive.

Kelima, lakukan pengecekan seluruh tubuh mobil terlebih dahulu, apakah ada baret atau kerusakan di tubuh mobil sebelum kita bawa mudik.

Rental umum

Selain TRAC, ada banyak rental umum yang biasanya bermunculan saat mendekati Lebaran. Bila ingin menyewa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak mendapat kendala saat perjalanan.

Untung, salah satu pemilik rental mobil di kawasan Condet Jakarta Timur, memberikan saran kepada calon konsumennya untuk menyewa mobil dengan usia yang tidak terlalu tua.

"Memang mobil keluaran tahun baru harga sewanya lebih mahal, tapi mengurangi risiko rusak di jalan. Kalau mobil yang usia di atas lima tahun biasanya lebih murah," jelas Untung saat disambangi Kompas.com.

Selanjutnya, pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan. Apalagi untuk yang memilih opsi lepas kunci (tanpa supir). Cek lebih dulu kondisi mobil secara bersama, termasuk bodi mobil yang lecet kalau perlu difoto terlebih dulu.

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki, jenis mobil yang biasanya menjadi pilihan favorit adalah low MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com