Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2018, 10:04 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Jelang seri ketiga MotoGP 2018, pergerakan di bursa transfer pebalap semakin memanas. Tim Suzuki MotoGP dilaporkan mau menggaet pebalap Ducati, Jorge Lorenzo.

Kontrak kedua pebalap Suzuki saat ini, Andrea Iannone dan Alex Rins, habis pada 2018. Rins hampir pasti memperpanjang kontrak, namun Andrea Iannone kemungkinan dilepas.

Iannone dianggap gagal memenuhi perannya sebagai pebalap unggulan Suzuki. Pada musim lalu Iannone berada di urutan ke-13  tanpa pernah menyumbangkan podium.

Pebalap pertama yang memberikan podium buat Suzuki justru Rins di GP Argentina 2018. Itulah podium pertama buat Suzuki sejak 2016. 

Dari keterangan Motorsport.com, Suzuki rencananya menyediakan satu jok GSX-RR buat Lorenzo yang ditinggalkan Iannone. Lorenzo banyak mendapat masukan dari tim Suzuki yang mengatakan bahwa GSX-RR merupakan sepeda motor sebanding Ducati Desmosedici.

Peluang Suzuki datang karena kontrak Lorenzo dengan Ducati juga akan habis musim ini. Pihak Ducati sebelumnya mengatakan belum membicarakan perpanjangan kontrak dengan Lorenzo.

Pebalap Ducati Jorge Lorenzo.MOTORSPORT.com Pebalap Ducati Jorge Lorenzo.

Lorenzo terus-terusan merasa tidak nyaman dengan Desmosedici 2018. Ditambah lagi, rivalitas negatif mulai memercik antara dia yang digaji 12 juta euro dengan Andrea Dovizioso sebesar 2 juta euro. Pindah dari Ducati bisa jadi jalan keluar dari situasi itu.

Baca: Hubungan Lorenzo dan Dovizioso Mulai Tegang

Tiga seri ke depan bakal menentukan nasib Lorenzo. Ada pilihan bertahan di Ducati dengan gaji dipotong atau pindah ke Suzuki namun belum tentu pendapatannya bisa sama.

Dari sisi Suzuki, alternatif Lorenzo sangat terbatas. Saat ini Suzuki fokus meyakinkan Lorenzo untuk pindah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com