Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan Lexus RX 350L dibanding Famili Lain

Kompas.com - 13/03/2018, 15:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Lexus Indonesia resmi memasarkan Lexus RX 350L, di mana menjadi model pertama di keluarga RX dengan konfigurasi kursi 7-penumpang. Bukan hanya soal tempat duduk yang bertambah untuk dua orang, tapi merek mobil mewah Toyota ini, punya beberapa perbedaan lain.

Takeaki Kato, Chief Engineer Lexus khusunya untuk produk RX ini menyebutkan, untuk 350L ini hanya ada pilihan mesin V6 3.500cc. Sedangkan untuk model RX lainnya ada yang memiliki mesin 2.000cc turbo.

“Mesin 2.000cc turbo di RX 200 itu kurang cukup memadai untuk memberikan driving performance yang diinginkan, makanya mesin RX350L hanya ada pilihan 3.500cc,” ujar Kato, Selasa (13/3/2018).

Lalu perbedaan selanjutnya adalah dimensi, di mana RX 350L lebih panjang 110mm dibanding model RX 300 (sebelumnya dinamakan RX 200). Bagian sudut jendela pada tailgate juga sudah disesuaikan untuk ruang kepala penumpang.

Baca juga : Bukan Angka, Ini Target Lexus Indonesia Bawa RX 7-Penumpang

Lexus RX 350LKOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Lexus RX 350L

“Tidak ada perubahan pada wheelbase, tapi bagian belakangnya overhang itu ditambah 11 cm untuk mengakomodasi kursi paling belakang. Pertimbangannya headroom kursi baris tiga harus dibuat sesuai untuk penumpang dengan tinggi 160 cm,” tutur Kato.

Kato melanjutkan, mereka juga melakukan revisi pada bagian kaki-kaki seperti suspensi yang disetel ulang. Pasalnya, dengan penambahan dimensi bobot mobil akan bertambah, jadi di-adjust lebih heavy lagi.

“Tentunya ketika kami membuat RX ini, kami ingin produk kami bisa berbeda dengan kompetitor lain seperti BMW dan Mercedes-Benz. Jadi bagaimana kita bisa lebih bisa terlihat dibanding dua merek tersebut,” kata Kato.

Tombol untuk naik turunkan kursi baris ketiga secara elektrik di Lexus RX 350L.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Tombol untuk naik turunkan kursi baris ketiga secara elektrik di Lexus RX 350L.

Lexus RX 350L.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Lexus RX 350L.

Lexus RX 350L.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Lexus RX 350L.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com