Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Terbesar Ketiga Datsun di Asia-Oceania

Kompas.com - 19/01/2018, 19:25 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com – Masuk ke pasar Indonesia pada 1960-an, Datsun kembali menggairahkan industri otomotif dalam negeri pada 2014 sebagai chapter keduanya. Bermain di segmen mobil murah, Datsun sempat mengalami penjualan terbesarnya pada 2015, hampir menyentuh 30.000 unit.

Vincent Wijnen, Head of Marketing and Sales Asia-Oceania, Nissan Motor Asia Pasific mengatakan, kalau Indonesia saat ini berada di posisi ketiga terbesar se-Asia Oceania. Sementara posisi pertama dan keduanya ada Thailand dan Australia.

“Untuk Australia dan Thailand hampir sama pasarnya. Namun, dengan peluncuran model baru dan beberapa aktivitas lainnya, volume akan terus bertambah dalam beberapa waktu ke depan,” ujar Vincent, Kamis (18/1/2017).

Melihat potensi pasar otomotif yang masih bisa tumbuh besar di Indonesia, Vincent optimis kalau mereknya juga berkesempatan untuk berkembang bahkan berlipat-lipat dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga : Insinyur Datsun Jamin Datsun Cross Tak Getar Lagi

 

Datsun Cross meluncur pertama di Indonesia, Kamis (18/1/2018).Ghulam/KompasOtomotif Datsun Cross meluncur pertama di Indonesia, Kamis (18/1/2018).

“Indonesia punya penduduk yang besar sampai 250 juta orang, dan pasar otomotifnya bisa sangat besar lagi. Membandingkan dengan Thailand yang saat ini populasi pemilik mobil hampir 50 persen dari total penduduk, sementara di Indonesia baru sekitar 10 persennya saja,” ucap Vincent.

Jadi bisa dibayangkan, kata Vincent, kalau pertumbuhan di Indonesia akan lebih besar, entah dalam satu atau lima tahun, bahkan sampai 10 tahun ke depan, di mana lonjakannya akan berkali-kali lipat.

“Sehingga pada akhirnya akan menjadi pasar terbesar bukan hanya untuk Datsun ASEAN tapi juga secara keseluruhan,” ucap Vincent.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com