Dua Langkah Wajib Setelah Cabut Aturan Pembatasan Motor - Kompas.com

Dua Langkah Wajib Setelah Cabut Aturan Pembatasan Motor

Kompas.com - 10/01/2018, 16:42 WIB
Suasana di MH Thamrin pasca pencabutan larangan sepeda motor oleh MA, Selasa (9/1/2018)Stanly Ravel Suasana di MH Thamrin pasca pencabutan larangan sepeda motor oleh MA, Selasa (9/1/2018)

Jakarta, KompasOtomotif - Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Dirlantas Polda Metro Jaya dan Bina Marga, mengikuti hasil keputusan Mahkamah Agung (MA) yang mencabut Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor.

Alhasil, mulai Rabu (1/10/2018), motor sudah boleh melintas lagi di Jalan MH Thamrin hingga Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Semua rambu larangan telah dicabut di sepanjang wilayah tersebut.

Menurut Edo Rusyanto, Pemerhati Keselamatan Lalu Lintas, sebagai warga negara mutlak mengikuti keputusan hukum yang ada di negara ini.

Baca juga: Polisi Menyayangkan Pencabutan Larangan Motor Melintas di Thamrin

Namun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tetap harus mengatur lalu lintas jalan agar aman, nyaman dan selamat. Terkait jalur protokol Ibu Kota, setidaknya ada dua jurus ampuh terkait larangan motor melintas.

"Pertama mewujudkan angkutan umum yang aman, nyaman, selamat, tepat waktu, terjangkau, terintegrasi dan ramah lingkungan. Kedua buatlah jalur khusus motor yang memperhatikan aspek keselamatan," ujar Edo kepada KompasOtomotif, Selasa (9/1/2018).

Baca juga: Putusan MA Batalkan Pergub Larangan Motor, Disebut ?Ngawur?

Selain itu, buat pemotor itu sendiri diharapkan senantiasa memprioritaskan keselamatan ketika berlalu lintas di jalan.

"Caranya, memiliki kompetensi mengemudi, berempati, taat regulasi, dan selalu bersinergi," ucap Edo.


EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X