Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota-Suzuki Bergandengan Jual Mobil Listrik

Kompas.com - 20/11/2017, 10:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota Motor dan Suzuki Motor akan saling bekerja sama, untuk menjual kendaraan listrik di India sekitar 2020. Mereka punya tujuan saling memberi keuntungan di pasar negara berkembang dan teknologi kendaraan rendah emisi.

Pengumuman tersebut muncul usai kedua perusahaan asal Jepang tersebut sepakat pada bulan Februari dan Oktober lalu, untuk bertukar keahlian di bidang penyediaan barang, penelitian dan pengembangan, mengutip Reuters, Minggu (19/11/2017).

Kemitraan ini tentu bisa membantu Toyota untuk berkembang di pasar mobil besar India, yang konsumennya lebih memilih jenis kendaraan kompak dengan harga yang terjangkau, di mana Suzuki memiliki keunggulan.

Baca juga : Toyota dan Suzuki Mulai Jalin Kerjasama

Ilustrasi mobil listrik.The Guardian Ilustrasi mobil listrik.

Pada gilirannya, Suzuki juga bakal kecipratan teknologi mahal milik Toyota seperti otonomos atau self driving car, artificial intelligence (kecerdasan buatan), serta kendaraan dengan emisi rendah.

Pada pernyataan yang dikeluarkan kedua perusahaan, secara teknis Suzuki akan memproduksi kendaraan listrik dan memasok ke Toyota, di mana bakal memberikan dukungan teknis terhadap produk tersebut.

Suzuki sendiri memegang lebih dari 40 persen pasar India, di mana menjadi salah satu pasar yang akan terus tumbuh ke depannya. Namun, penjualan mobil kecil dengan margin rendah, tidak cukup untuk menutupi biaya penelitian dan pengembangan Suzuki, maka dari itu membutuhkan rekan yang akan menolongnya seperti Toyota

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com