Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2017, 14:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Bus Mercedes Benz terbaru yang dioperasikan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) diketahui berjenis O500U 1726 Diesel Euro III. Bus ini ternyata dipesan khusus guna menyesuaikan standar emisi di Indonesia.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, di negara-negara maju lainnya, bus dengan spesifikasi yang sama sudah menggunakan Diesel Euro VI. Namun teknologi ini belum memungkinkan untuk digunakan di Indonesia. Sehingga jenis bus yang dipesan tidak bisa seperti yang diproduksi massal di banyak negara.

Baca juga : Indonesia Resmi Tetapkan Standar Emisi Euro IV

"Karena bus ini bus modern, dirancang menggunakan Euro VI yang merupakan mesin diesel paling canggih. Sementara Indonesia belum bisa gunakan Euro VI, masih Euro III atau Euro IV," kata Budi kepada KompasOtomotif, Selasa (21/11/2017).

Batasan standar emisi Euro.transportmeasures.org Batasan standar emisi Euro.

Menurut Budi, kondisi ini sebenarnya membuat proses pengadaan bus menjadi lebih lama. Namun ia menyatakan PT Transjakarta terus berkomitmen untuk menyediakan armada yang berkualitas untuk perbaikan angkutan umum di Ibu Kota.

Baca juga : Mengenal Standar Emisi Euro I-VI

"Revitalisasi angkutan umum menjadi keharusan perusahaan transportasi dalam memberikan pelayanan optimal kepada pengguna transportasi publik. Pasalnya peremajaan menjadi salah satu kunci kesuksesan memindahkan penguna kendaraan pribadi ke transportasi umum," ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com