Spesifikasi dan Fitur Bus Mercy Lantai Rendah Transjakarta - Kompas.com

Spesifikasi dan Fitur Bus Mercy Lantai Rendah Transjakarta

Alsadad Rudi
Kompas.com - 21/11/2017, 13:02 WIB
Bus Transjakarta berlantai rendah atau low deck yang mulai dioperasikan pada Senin (20/11/2017)PT Transportasi Jakarta Bus Transjakarta berlantai rendah atau low deck yang mulai dioperasikan pada Senin (20/11/2017)

Jakarta, KompasOtomotif - PT Transportasi Jakarta ( Transjakarta) mulai mengoperasikan enam bus baru bermerek Mercedes-Benz pada Senin (20/11/2017) kemarin. Tak seperti bus-bus Transjakarta pada umumnya yang berlantai tinggi, bus baru ini memiliki desain lantai yang rendah atau lower deck.

Enam bus merek Mercy yang dioperasikan Transjakarta adalah bus jenis O500U 1726 Diesel Euro 3. Dari data yang diperoleh KompasOtomotif dari Bagian Teknis Transjakarta, bus ini berdiamensi panjang 12 meter dengan lebar 2,5 meter dan tinggi 3,5 meter.

Baca juga : Transjakarta Mulai Operasikan Bus Lantai Rendah

Mesin bus menggunakan mesin OM 906 LA enam silinder 6.374 cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga dan torsi maksimum dalam putaran mesin yang rendah. Torsi maksimum bisa mencapai 950 Nm pada putaran mesin 1200 – 1600 Rpm. Sedangkan tenaga yang dihasilkan mencapai 270 tk pada putaran mesin 2000 Rpm.

Proses pembuatan salah satu komponen body bus milik Laksana.Ghulam/KompasOtomotif Proses pembuatan salah satu komponen body bus milik Laksana.

Bus dilengkapi dengan retarder dalam sistem pengereman yang terintegrasi dengan transmisi otomatis ZF Ecolife. Suspensi udara yang digunakan juga dapat membuat ketinggian lantai bus dengan jalan dapat disesuaikan naik dan turun. Tujuannya untuk kenyamanan keluar masuk penumpang.

Bus yang dirakit di karoseri PT Laksana dan Nusantara Gemilang ini dapat menampung 68 penumpang, dengan rincian 41 penumpang duduk dan 27 penumpang berdiri.

Baca juga : Bus Transjakarta Lantai Rendah Ramah Penyandang Disabilitas

Fasilitas yang terdapat di dalam bus, meliputi:
1. Area kursi roda
2. Kursi prioritas untuk lansia, wanita hamil, wanita membawa anak, dan penyandang disabilitas non kursi roda.
3. Ramp kursi roda di area pintu untuk memudahkan keluar masuknya penumpang pengguna kursi roda.
4. Dua buah TV Wide screen 29 inch di bagian tengah area penumpang.
5. Tombol stop di setiap railing vertical di dalam interior bus.
6. 12 kamera CCTV untuk memantau setiap area di dalam dan di luar bus.

PenulisAlsadad Rudi
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM