Kompas.com - 06/10/2017, 08:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Persaingan di segmen kendaraan multi guna bawah (low multi purpose vehicle/LMPV) semakin ketat setelah Mitsubishi meluncurkan Xpander, dan Wuling Confero S. Masing-masing merek berlomba untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat.

Salah satu cara, yaitu memberikan rangsangan lebih baik pada konsumen, via diskon. Jelang akhir tahun, tepatnya Oktober 2017, terasa lebih signifikan, karena setiap merek menawarkan potongan harga sampai puluhan juta rupiah.

Dimulai dari sang pemimpin pasar di kelas MPV Sejuta Umat, yakni Toyota Avanza. Menurut pengakuan beberapa tenaga penjual diler Toyota di kawasan DKI Jakarta, diskon untuk bulan kesepuluh, mulai Rp 23 juta hingga Rp 25 juta.

"Tergantung proses pembeliannya tunai atau kredit. Kalau kredit biasanya lebih besar lagi, karena masih bisa kita ajukan lagi," kata pramuniaga yang tidak mau disebutkan identitasnya itu saat dihubungi KompasOtomotif belum lama ini.

Baca juga: Gaikindo Sebut Regulasi LCEV Selesai Tahun Ini

Selanjutnya Honda Mobilio yang besaran diskonnya mencapai Rp 20 jutaan. Bahkan, ada juga diler memberikan potongan sampai Rp 22 juta. "Unitnya semua tersedia, tipe dan warna apa saja ada," kata pramuniaga yang juga tidak mau disebutkan jati dirinya itu.

Sementara itu, diskon yang diberikan oleh pramuniaga salah satu diler Daihatsu di Jakarta Timur, yakni Rp 24 juta, untuk Xenia. "Itu untuk diskon pengajuan, kemungkinan besar bisa ditambah lagi, tergantung lisingnya juga," kata tenaga penjual tersebut.

Terakhir, penawaran paling besar di antara semua merek karena tenaga penjual diler Suzuki di kawasan Jakarta Pusat memberikan potongan harga mulai Rp 25 juta sampai Rp 32 juta untuk pembelian Ertiga, bulan ini.

"Kalau Rp 25 juta itu Ertiga biasa, yang varian Dreza itu Rp 32 juta. Unitnya juga tersedia, dan hanya berlaku untuk promo selama Oktober 2017 ini saja," ucap pramuniaga itu.

Sebagai pemain baru, Xpander dan Confero S tentu saja belum punya promo diskon. Namun, beberapa nilai tambah, seperti tambahan aksesori atau skema kredit menarik jadi andalan, baik Mitsubishi atau Wuling kepada calon konsumen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.