Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Skutik dengan Livery MotoGP

Kompas.com - 15/11/2017, 11:02 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

 
Jakarta, KompasOtomotif - Memodifikasi tampilan sepeda motor bisa menjadi pilihan pengendaraagar terlihat lebih bergaya. Banyak yang memilih ubahan bergaya MotoGP, lengkap dengan warna dan sponsor.
  
KompasOtomotif menghimpun data terkait harga pengecatan untuk motor skutik dari sejumlah bengkel cat motor di Jakarta. Bengkel cat ini ada yang dari bengkel resmi, ataupun bengkel khusus cat.
 
 
Pengecatan untuk motor Honda Beat, misalnya. Harga yang ditawarkan Painting Shop Astra Motor yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, berkisar Rp 1.400.000.
Harga tersebut belum termasuk biaya pengecatan bodi kasar seperti dasbor, deck, pelek, serta cover CVT.
 
Teknisi Painting Shop Astra Motor di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur sedang melakukan pengecatan pada body motor.Fachri Fachrudin Teknisi Painting Shop Astra Motor di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur sedang melakukan pengecatan pada body motor.
Kurniawan, front desk painting shop tersebut mengatakan, untuk pengecatan bodi kasar dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 1.400.000. Sementara velg dikenakan biaya Rp 500.000 per set (depan dan belakang).
 
"Kalau cover CVTnya beda lagi, kena tambahan Rp 250.000," kata Kurniawan saat ditemui KompasOtomotif di sela kerjanya, Selasa (14/11/2017).
 
Kurniawan menambahkan, harga pengecatan juga menyesuaikan jenis motor. Misalnya untuk skutik Vario, maka biayanya akan sedikit lebih mahal. Selain itu, pengecatan juga hanya bisa dilakukan pada bodi motor dengan kondisi yang masih bagus.
 
 
Jika bodi motor sudah dalam keadaan rusak seperti patah atau terdapat goresan yang dalam, maka pihaknya menyarankan pelanggan tersebut membeli body yang baru untuk di cat.
"Karena kami di sini enggak ada proses mendempul. Makanya, kami lihat dulu kondisinya, harus layak dicat," kata dia.
 
 
Skutik Honda Beat goresan Painting Shop Astra Motor di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur.Fachri Fachrudin Skutik Honda Beat goresan Painting Shop Astra Motor di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur.
Harga yang berbeda ditawarkan bengkel R3 Painting yang berada di bilangan Cempaka Baru 11, Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Sidik, pemilik bengkel mencontohkan, untuk pengecatan jenis motor Yamaha Mio agar serupa motor balap berkisar Rp 1.900.000. Harga tersebut untuk seluruh body motor, namun belum termasuk pengecatan pada pelek dan cover CVT.
 
"Velg kena harga Rp 400.000. Begitu juga dengan cover," kata Sidik saat ditemui di Dealer Yamaha Deta, Pondok Bambu, Jakarta Timur.
 
 
Suzuki Address aksen MotoGPDonny Apriliananda/KompasOtomotif Suzuki Address aksen MotoGP
Sementara itu, bengkel Gothan Pain yang berada di bilangan Jakarta Barat memberikan harga yang berbeda, tergantung jenis motor dan teknik pengecatannya.
 
Jika pengecatan pada skutik Honda Beat menggunakan teknik semprot, maka harga berkisar Rp 1.500.000 hingga Rp 2 juta. Ini belum termasuk pengecatan velg. Sementara pengecatan dengan teknik airbrush, berkisar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta.
 
"Tergantung tingkat kesulitan dan warna," kata Gothan, pemilik bengkel tersebut saat dihubungi.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com