Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Menperin Usai Nyetir Nissan Note e-Power

Kompas.com - 13/11/2017, 12:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto langsung menguji Nissan Note e-Power di area ICE, BSD, Tangerang, Senin (13/11/2017). Dalam satu mobil itu, berisi Eiichi Kioto, President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Masayuki Ohsugi, GM R&D NMI, dan I Gusti Putu Suryawiryawan, Dirjen ILMATE kemenperin.

Usai nyetir mobil listrik Nissan itu, Airlangga berkomentar bahwa model ini sudah sangat cocok dipasarkan di Indonesia. Secara emisi sudah memenuhi standar yang diharapkan dan juga punya performa mumpuni.

“Powernya dan akselerasinya bagus. Kalau pakai model listrik tidak terdengar, hingga punya sistem pengereman yang bagus,” kata Airlangga di ICE, BSD, Tangerang, Senin (13/11/2017).

Baca juga: Nissan Belum Putuskan Menjual Note e-Power di Luar Jepang

Airlangga bercerita, dia sempat melaju dengan kecepatan 80 kpj. Bahkan sempat menggunakan mode listrik untuk mengetahui bagaimana kerja dari motor listriknya.

“Senyap sekali suaranya, kami harapkan segera bisa dijual di sini (Indonesia). Gas buangnya juga sudah nol,” ucap dia.

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto langsung menguji Nissan Note e-PowerAditya Maulana - KompasOtomotif Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto langsung menguji Nissan Note e-Power

Teknologi e-Power dikembangkan dari mobil listrik Nissan yang paling populer, Leaf. Konsumen tidak perlu menyetrum baterai hingga terisi penuh seperti pada Leaf, para insinyur Nissan merancang pengisian baterai dilakukan oleh kerja mesin bensin

Berkat sistem itu, konsumen tidak perlu menunggu lama saat proses pengisian baterai. Selama mesin tetap bekerja, konsumen bisa menggunakan Note e-Power ke manapun.

Mesin bensin pada Note e-Power, yaitu HR12DE 1.2L, bekerja khusus hanya menyuplai energi listrik untuk baterai via inteverter yang ada di ruang mesin. Lain dari hibrida, mesin itu tidak menggerakan roda dan lain dari mobil listrik, Note e-Power mendapatkan energi bukan hanya dari baterai tetapi juga mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com