Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya S-Cross di Indonesia dengan India

Kompas.com - 10/11/2017, 15:50 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Suzuki SX4 S-Cross model terbaru masih diimpor utuh (completely built-up/CBU) dari India. Namun, secara spesifikasi sudah disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W, mengatakan, terdapat beberapa perbedaan mulai dari fitur hingga spesifikasi teknis mengenai mesin dan emisi gas buang.

"Sebagai contoh di India sudah menerapkan EuroIV, kalau di kita EuroII. Tetapi kalau di Indonesia sudah menerapkan emisi yang sama, kita sudah persiapkan," ujar Donny di acara peluncuran S-Cross terbaru di Mal Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2017).

Selain itu, dijelaskan Donny sektor jantung pacu juga berbeda. S-Cross di India hanya tersedia mesin diesel berkapasitas 1.300 cc, sementara di Tanah Air bensin 1.500 cc. Hasil konsumsi bahan bakar minyak (BBM) juga tidak sama.

Baca juga: Dijual Rp 256 Juta, Ini Detail Ubahan Suzuki S-Cross Terbaru

"Saya tidak tahu untuk yang di India, kalau di Indonesia berdasarkan hasil tes untuk versi manual 1 liter untuk 14,8 km, sementara matik 1 liter tembus 14,4 km.

Peluncuran Suzuki S-Cross terbaruAditya Maulana - KompasOtomotif Peluncuran Suzuki S-Cross terbaru

Diesel

Donny menegaskan, fokus untuk S-Cross di Tanah Air menggunakan mesin bensin 1.5-liter. Versi diesel 1.3-liter masih studi, apakah sesuai dengan karakter konsumen crossover itu.

"Karena setiap produk yang kita luncurkan disesuaikan dengan pasar atau regulasi yang ada di Indonesia," ucap Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com