Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Lambaikan Tangan pada Land Rover Defender

Kompas.com - 08/01/2015, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Anglesey, KompasOtomotif - Semanis-manisnya lantunan lagu, pasti sampai juga pada bagian akhirnya. Tahun ini, waktu telah berhenti bagi salah satu model ikonik di dunia, Land Rover Defender, jadi sudah saatnya melambaikan tangan.

Pengumuman ini sebenarnya sudah disampaikan sejak dua tahun lalu (2013), kalau Jaguar Land Rover (JLR) tidak akan melanjutkan model Defender setelah 2015. Untuk memperingati masa kejayaan SUV tangguh asal Inggris ini, perusahaan melepas tiga versi edisi spesial, sebagai produk perpisahan, dilansir Carscoop (7/1/2015).

Pertama, edisi spesial "The Autobiography Edition". Pada dasarnya merupakan Defender standar berkelir hitam dengan beberapa opsi tambahan khusus yang bisa dipilih konsumen. Selain itu, kemampuan mesin 2.2 liter turbodiesel juga mendapat racikan baru, sehingga mendongkrak tenaga dari tipe standar 122 tk menjadi 150 tk. Model ini hanya ditawarkan dalam versi 90 Station Wagon saja, dibanderol mulai 61.845 poundsterling di Inggris.

Kedua, edisi spesial "The Advanture Edition", digambarkan sebagai semangat Defender. Model ini dilengkapi dengan opsi kelengkapan off-road, seperti pelindung lumpur, dan ban dengan ukuran lebih lebar dan kembang pacul. Model ini ditawarkan dengan harga lebih murah, mulai 43.495 pound.

Model ketiga, adalah edisi spesial "Heritage Editon" yang lebih ideal disebut sebagai model perpisahan pamungkas. Mobil ini ditawarkan dengan cat bodi Grasmere Green dipadu dengan atap putih, sama seperti generasi pertama Land Rover yang lahir pada 1948. SUV dua pintu ini menjadi koleksi termurah dengan banderol 27.800 poundsterling.

Ketiga model ini cocok dijadikan kolektor, karena pada saatnya nanti harganya bisa melesat berkali-kali lipat, seperti barang investasi. Tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com