Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asuransi untuk Mobil Listrik Seperti Apa?

Kompas.com - 11/10/2017, 16:22 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Kompas Otomotif - Pemerintah Indonesia terus mempersiapkan peraturan mengenai kendaraan ramah lingkungan. Termasuk di dalamnya adalah kendaraan listrik. Pemerintah bahkan sudah menargetkan 400.000 unit mobil listrik atau hibrida mengisi pasar otomotif Tanah Air di 2025.

Target ini tentu menarik dibahas dalam kaitannya dengan asuransi kendaraan. Pihak asuransi kendaraan yang juga ikut sejalan dengan perkembangan otomotif melihat ini sebagai suatu inovasi.

"Kita sebagai salah satu pemain besar kalau melihat di sektor kendaraan listrik cukup menjanjikan, pasti akan masuk. Saya berharap malah berinisiatif sebagai bentuk inovasi dalam asuransi," ucap Rudy Chen, CEO Asuransi Astra saat ditemui di sela acara peluncuran Garda Oto Digital dan pembaruan aplikasi Otocare v.3.0 di Kuningan, Selasa (10/10/2017).

Rudy menjelaskan, mengenai asuransi mobil listrik masih dalam tahapan perbincangan saja. Belum ada bentuk konkrit asuransi untuk kendaraan listrik tersebut di Indonesia.

Baca : Pakai Rotator, Enggak Ditanggung Asuransi?

Menurut Rudy, mobil listrik memiliki keunikan tersendiri. Ini karena mobil listrik seperti juga kendaraan hibrida memiliki baterai yang harganya bisa setengah harga mobil tersebut.

"Kalau menurut saya, mungkin saja nanti komponen penting dari asuransi bisa baterainya. Bisa begitu saja," ucap Rudy.

Harus Berinovasi

Produk asuransi tidak hanya mengikuti perkembangan produk otomotif yang terus berubah, namun juga pada kebutuhan konsumen mereka. Asuransi Astra dengan produk asuransi kendaraan Garda Oto menawarkan cara baru berasuransi melalui era digital.

Melalui situs GardaOto.com, dan aplikasi Garda Mobile Otocare, layanan seperti klaim asuransi, kepengurusan kendaraan di bengkel, serta memantau status kendaraan hanya dalam genggaman.

"Langkah kita ini sebagai pioner di layanan asuransi karena bicara digital diluar sana sudah mengarah pada masyarakat yang bergerak lebih cepat. Harapannya dengan layanan ini semakin mempermudah untuk konsumen mendapatkan pengalaman yang terbaik dan sesuai dengan ekspektasi mereka," ucap Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com