Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Akui Segmen MPV Masih Jadi ”PR”

Kompas.com - 23/08/2017, 08:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meluncurnya berbagai produk baru yang mendobrak cukup membuat Honda menguasai berbagai segmen mobil di Indonesia secara umum. Kendati demikian, ada satu ganjalan yang masih jadi pekerjaan rumah, yakni segmen MPV.

Jonfis Fandy, Diektur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim bahwa saat ini, Honda menjadi market leader di kelas sedan dan keluarga SUV. Beberapa segmen juga kuat, seperti LCGC dan hatchback.

”Keluarga MPV yang masih bersaing, karena hanya punya Mobilio dan Odyssey. Kita tahu, semua merek menyasar ke sana, dan itu tugas kami menarik konsumen. Tapi kami tidak buru-buru harus jadi market leader,” ujar Jonfis, belum lama ini di Tangerang.

Target utama HPM di kelas MPV, lanjutnya, tak hanya memperkenalkan produk kepada konsumen, namun juga membuat pembeli puas. Meyakinkan konsumen bahwa running cost memelihara mobil Honda yang tidak mahal juga menjadi kunci.

Saat ini, Honda bisa menaikkan market share menjadi 20 persen karena peran pemasaran dari mulut ke mulut. Mulai dari kualitas mobil, keiritan bahan bakar, hingga biaya servis yang tidak tinggi.

LMPV biasanya first comer, pertama kali satu keluarga cari mobil 7-seater. Konsumen ini yang mencari LMPV, dan kami tidak ada data base-nya, karena dulu kami dari atas (Odyssey),” ujar Jonfis.

Karena itulah, HPM akan terus giat menggaet konsumen baru, dan mematangkan target konsumen. Kelak, ”line up hierarki” akan menjadi modal utama Honda, setelah puas main LMPV. Di atasnya sudah siap dengan BR-V, HR-V dan macam-macam produk Honda lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com