Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor ”Adventure” 190cc Honda Meluncur

Kompas.com - 10/08/2017, 08:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

Beijing, KompasOtomotif – Beberapa hari lalu, bocoran gambar paten sepeda motor adventure Honda berbasis CB190R sudah menghiasi banyak laman di dunia maya. Kini, sosoknya meluncur, memanfaatkan momen 25 tahun usia perusahaan patungan Wuyang-Honda.

Sepeda motor itu diberi nama CB190X, dengan emblem ditangki bertuliskan ”Tourism”. Seperti yang diprediksi sebelumnya, sepeda motor ini persis seperti arsiran dari file pematenan desain produk. Mesin sama dengan CB190R, berkapasitas 184 cc pendingin udara, injeksi.

Sosoknya berdiri di atas frame tubular. Bodi-bodi menggunakan banyak peranti yang mencirikan sebuah kendaraan petualang. Mulai dari tameng angin, ground clearance tinggi, pegangan tangan bagian belakang bahan aluminium, pelindung jatuh, dan suspensi dengan travel panjang.

Menggunakan basis CB190R.visordown Menggunakan basis CB190R.
Berdasarkan laporan website China, NewMotor, (7/8/2017), tenaga juga sama dengan CB190R, mencapai 15,8 tk @8.000 rpm. Tidak ada data tentang besaran torsi.

Tapi yang aneh, Honda sebenarnya sudah punya sepeda motor adventure dengan nama CBF190X Fight Hawk, juga dijual di China. Motor ini juga menggunakan mesin dan sasis serupa. Namun, model satu ini menggunakan suspensi upside down dan knalpot underbelly.

Seperti prediksi beberapa media, kecil kemungkinan CB190X dijual di negara lain, apalagi negara-negara Barat. Mungkin, di beberapa negara akan dikopi dengan versi mesin 125 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com