Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan "Penyakit Kambuhan" Mobil Pascamudik

Kompas.com - 04/07/2017, 08:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski perjalanan mudik sudah dilalui, bukan berarti urusan mobil tidak perlu lagi dipikirkan. Masih ada kewajiban tersisa untuk membuat mobil kembali prima untuk digunakan sehari-hari.

Menempuh perjalanan jauh dan pada kondisi jalan macet panjang, kendaran perlu diperiksa kembali. Pasalnya, biasanya timbul penyakit-penyakit musiman pada beberapa komponen mobil, sehingga membuat kemampuannya berkurang, seperti yang dikatakan oleh Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Umumnya yang perlu diperiksa setelah pulang mudik adalah kanvas rem dan kopling. Karena saat kondisi macet mudik, penggunaan kedua komponen tersebut sangat intense,” ujar Anjar kepada KompasOtomotif, Senin (3/7/2017).

Selain itu, tambah Anjar, juga periksa bagian kaki-kaki kendaraan seperti sokbreker. Pasalnya jalanan di daerah tidak sebagus di kota, bisa jadi jalan rusak dan berlubang.

“Pemilik mobil juga terkadang menggunakan kendaraan dengan beban optimal. Ini membuat kerja sokbreker (suspensi) jadi lebih, sehingga perlu diperiksa, juga termasuk kondisi ban,” tutur Anjar.

“Kemudian tidak ketinggalan juga untuk membersihkan mobil. Jangan sampai sisa makanan atau oleh-oleh  tertinggal dan membusuk di mobil,” ucap Anjar.

Ketika memang harus ada beberapa komponen diganti, soal biayanya untuk brake pad sekitar Rp 400.000, kopling kira-kia Rp 500.000, sokbreker Rp 800.000-an.

“Harga tersebut diluar ongkos jasa. Untuk lebih pastinya mengenai harga, bisa coba langsung sambangi bengkel Daihatsu,” ujar Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com