Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antara Konflik dan Keberuntungan Ricciardo di F1 Baku

Kompas.com - 26/06/2017, 19:16 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Motorsport

Azerbaijan, KompasOtomotif - Pebalap Red Bull Daniel Ricciardo, sukses meraih kemenangan kelimanya saat balapan di Sirkuit Baku City, Minggu (25/6/2017). Berangkat dari posisi ke-10, pebalap berusia 27 tahun sukses mengasapi Valtteri Bottas dari Mercedes dan Lance Stroll dari Williams.

Namun demikian, kemenangan Ricciardo bukan tanpa sebab, karena ada beberapa drama insiden yang melibatkan pebalap senior, hingga membuat Ricciardo bisa mulus menyentuh garis finish.

Drama Dimulai

Dimulai dari duo Toro Rosso, yang bersenggolan pada Tikungan 1. Setelah itu berlanjut ke senggolan Bottas dengan Kimi Raikkonen (Ferrari), meski tidak menimbulkan kerusakan parah namun ban depan Bottas sempat rusak, sedangkan Raikkonen mengalami masalah pada bagian belakang.

Baca : Tabrak Hamilton, Vettel Terancam Dilarang Balap

Putaran berlanjut hingga akhirnya Joylon Palmer dari Renault undur diri akibat masalah pada mobilnya di lap 8. Hal serupa juga dialami rekan satu timnya, Daniil Kvyat yang tersingkir di tikungan 12 pada putaran ke-11.

Mobil Kvyat terhenti di lintasan, hal ini pun memaksa safety car keluar untuk mengamankan situasi. Momen ini pun dimanfaatkan beberapa pebalap untuk melakukan pit stop, terkecuali Max Verstappen dari Red Bull yang berhenti akibat kerusakan elektronik pada mobilnya.

Saat balap kembali berjalan, Hamilton langsung memimpin jalannya balap, namun beberapa menit kemudikan safty car kembali keluar untuk membersihkan serpihan mobil Raikkonen. Pada momen ini terjadi senggolan antara Vettel dan Hamilton, yang berbuntut panjang.


Selang beberapa saat kemudian, insiden kembali terjadi. Kali ini giliran duet Force India, Sergio Perez dan Esteban Ocon. Akibat hal tersebut, Perez terpaksa masuk pit untuk perbaikan, sedangkan Ocon memilih untuk tetap memacu mobilnya.

Keberuntungan Riccardo

Ketika restart kembali dimulai, Riccardo langsung tancap gas dan mendapat momen keberuntungan. Dengan mulus ia melewati tiga pebalap sekaligus, yakni Felipe Massa, Lance Stroll, dan Nico Hulkenberg, yang membuat Riccardo langsung berada diposisi ketiga.

Massa mengakhiri lomba lebih awal, akibat kerusakan pada suspensi mobil yang ia kendarai pada lap 26. Pada waktu yang hampir bersamaan, Hulkenberg pun harus mengakhiri lomba lebih awal, ia mengalami kecelakaan dan merusak mobil yang ia kendarai.


Hamilton kembali ke pit untuk mengganti headrest dan turun pada peringkat sembilan. Hal tesebut juga dilakukan Vettel, dan momen ini yang digunakan panitia untuk untuk mengumumkan pinalti stop-go 10 detik akibat insiden dengan Hamilton, dan masuk ke lintasan pada urutan delapan.

Rangkaian peristiwa tersebut mengantarkan Ricciardo melesat di posisi pertama, disusul oleh Stroll dan Magnussen. Tapi serangan kemballi tiba dari Bottas jelang akhir balap, Bottas sukses meninggalkan Magnussen dan bertarung dengan Stroll, hingga akhirnya berhasil masuk pada posisi kedua.


Hasil balapan GP Azerbaijan.

1. Daniel Ricciardo AUS Red Bull - TAG    51 laps
2. Valtteri Bottas    FIN Mercedes - Mercedes
3. Lance Stroll    CAN Williams - Mercedes
4. Sebastian Vettel    GER Ferrari - Ferrari
5. Lewis Hamilton    GBR Mercedes - Mercedes
6. Esteban Ocon    FRA Force India-Mercedes
7. Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari
8. Carlos Sainz    ESP Toro Rosso-Renault
9. Fernando Alonso    ESP McLaren-Honda
10. Pascal Wehrlein    GER Sauber - Ferrari
11. Marcus Ericsson    SWE Sauber - Ferrari
12. Stoffel Vandoorne    BEL McLaren-Honda
13. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari

Tidak finis

Kimi Raikkonen    FIN Ferrari - Ferrari    0 laps completed
Sergio Perez    MEX Force India-Mercedes    0 laps completed
Felipe Massa    BRA Williams - Mercedes    0 laps completed
Nico Hulkenberg    GER Renault - Renault    0 laps completed
Jolyon Palmer    GBR Renault - Renault    0 laps completed
Max Verstappen NED Red Bull - TAG    0 laps completed
Daniil Kvyat    RUS Toro Rosso-Renault    0 laps completed

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com