Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Siap Lepas CX-5 Generasi Kedua

Kompas.com - 28/04/2017, 14:07 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifMazda di bawah kendali PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) benar-benar tak ingin kehilangan momen kembali. Setelah masa-masa kritis karena transisi dari Mazda Motor Indonesia (MMI) lewat, produk baru bakal digelontor, termasuk New CX-5.

Informasi ini justru bocor dari Presiden Direktur EMI, Roy Arman Arfandy, usai meresmikan keikutsertaan perdana di Indonesia International Motor Show (IIMS), (27/4/2017). Ucapan gamblang pun meluncur ketika KompasOtomotif menanyakan soal CX-5 yang bakal didampingi CX-3.

”Sekarang memang masih jual CX-5 yang lama. Penjualan menurun, karena (kami) akan keluarkan All New CX-5,” ujar Roy. Apakah berarti model baru itu akan mejeng di pameran lain, Gakindo International Auto Show (GIIAS)? ”Iya. Bocor deh,” imbuhnya, lantas tertawa.

Tahun lalu, dan seperti tradisi sebelumnya, CX-5 menjadi salah satu penyumbang terbesar penjualan Mazda di Indonesia. Dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dalam 12 bulan, model ini terjual 1.391 unit dari total Mazda 5.100-an unit.

Tahun ini, khususnya pada kuartal pertama, tidak ada data yang masuk, karena masih dalam masa transisi dari MMI ke EMI. Masa-masa ini menurut Roy akan selesai, dan penjualan kembali efektif saat memasuki kuartal kedua ini.

Generasi kedua Mazda CX-5 sudah dijual di Jepang, akhir tahun lalu. Ada delapan varian, dengan banderol termurah mencapai 2,46 juta yen, atau setara Rp 281 jutaan.

Pilihan mesin terdiri dari Skyactiv-G 2.0 bensin, Skyactiv-G 2.5 bensin, dan Skyactiv-D 2.2 diesel. Seperti keunggulan model ini, konsumsn bahan bakar diklaim irit, berada di range 14,8 kpl hingga 18 kpl, bergantung tipe mesin.

Daya tarik utama model ini adalah ubahan eksterior yang makin manis. Termasuk di antaranya adalah penggunaan lampu depan LED plus signature light yang juga LED. Lampu-lampu secara keseluruhan didesain lebih meruncing ketimbang pendahulunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com