Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kehilangan Takhta “Terlaris Dunia” di 2016

Kompas.com - 31/01/2017, 11:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Gelar merek mobil terlaris dunia harus rela dilepas oleh produsen mobil asal Jepang, Toyota Motor, yang sudah digenggam sejak 2012 lalu. Bergesernya Toyota ke posisi kedua, lantas posisi puncak ditempati oleh Volkswagen.

Mengutip Wall Street Journal, Selasa (31/1/2017) pihak Toyota mengumumkan kalau mereka menjual 10,2 juta kendaraan di seluruh dunia pada 2016, atau naik 0,2 persen dari tahun sebelumnya. Sementara rivalnya Volkswagen, mencapai angka 10,3 juta unit.

Pencapaian produsen mobil berbasis di Jerman tersebut, karena penjualan yang terus tumbuh kuat di pasar China, atau pasar terbesar kedua setelah Eropa. Sementara General Motors, yang di 2015 duduk di posisi kedua, belum melaporkan angka penjualan global untuk 2016. Jadi masih belum diketahui apakah GM masih ada di peringkat tiga atau sudah tergantikan.

Kebalikan dari VW, Toyota sangat bergantung pada pasar Jepang dan Amerika, di mana pertumbuhannya sedang melambat. Tahun lalu Toyota berhasil menjual 2,2 juta kendaraan di sana, atau naik hanya 2,8 persen, yang kuat di segmen truk dan SUV.

Saat ini Toyota terus berupaya untuk menarik pembeli muda. Seperti Camry yang wujudnya sudah disegarkan dengan styling yang lebih agresif.  Akio Toyoda, Chief Executive menyebut desain Camry tersebut "seksi" di pembukaan pameran Detroit Auto Show awal bulan ini. Toyota juga sudah menghadirkan crossover barunya C-HR, untuk pasar Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com