Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teori dan Praktik Keselamatan buat "Biker" Harley-Davidson

Kompas.com - 26/01/2017, 11:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Prioritas tertinggi bagi setiap biker adalah keselamatan. Begitu pula prinsip yang dipegang Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Pengurus Cabang (Pengcab) Jakarta Selatan. Mereka mengumpulkan anggota dan belajar lagi soal safety riding.

Ajang yang diberi tajuk HDCI Pengcab Jakarta Selatan Safety Riding 2017 itu diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Minggu (22/1/2017). Tak hanya belajar teori di dalam gedung, mereka juga memanfaatkan lahan parkir sebagai tempat praktik.

"Segala sesuatu yang bernilai tinggi perlu pengorbanan yang pada saatnya akan sangat berguna bagi biker peserta, ataupun bagi kami sebagai penyelenggara," ujar Harry, Wakil Ketua HDCI Pengcab Jakarta Selatan, dalam siaran pers, Kamis (26/1/2017).

HDCI Pengcab Jakarta Selatan mengundang Jusri Pulubuhu, Instruktur Utama Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC). Materi teori yang diberikan sangat lengkap, dan semua dibutuhkan para pengendara moge yang notabene punya bobot cukup berat.

Teori itu misalnya soal logika, fungsi rem, waktu reaksi, jarak tempuh, titik berhenti, sumber pelambatan, persneling, sampai keseimbangan dan kecepatan. Ada juga materi soal posisi tubuh, lintasan, dan kontrol emosi.

JDDC Salah satu teknik yang harus dikuasai, Narrow Plank.
Tak hanya ”belajar di kelas”, Jusri juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempraktikkan teori yang mereka dapat di atas motor. Ada teknik baru dalam sesi ini, termasuk di antaranya pengereman mendadak, membuat putaran pendek, bahkan melewati beberapa rintangan.

Ferdo Raturandang, perwakilan Humas & Media HDCI Jakarta Selatan, mengatakan bahwa pengurus HDCI, baik di tingkat pusat maupun daerah, sudah meletakkan program safety riding menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap member HDCI.

”Ketum kami, Bapak Nanan Soekarna (mantan Wakapolri), sangat menaruh perhatian bagi keselamatan member HDCI supaya bisa berguna bagi biker itu sendiri, keluarga di rumah, ataupun bagi masyarakat dan bangsa Indonesia pada umumnya," ujar Ferdo.

Keselamatan sebagai titik berat diakui menjadi prioritas utama para biker tanpa memandang latar belakang. Ini juga sekaligus membantu pemerintah melalui kepolisian untuk setiap biker menjadi pelopor keselamatan berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com