Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Optimistis Sambut Tahun Fiskal 2017

Kompas.com - 18/01/2017, 08:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtmotif - Honda Motor Company telah menetapkan target penjualan globalnya di atas 5 juta unit mobil, untuk tahun fiskal 2017 (April 2017-Maret 2018). Optimistis ditunjukkan lantaran permintaan yang diperkirakan akan tumbuh di pasar Amerika dan China.

Mengutip Nikkei, Selasa (17/1/2017) proyeksi tersebut naik 3 persen dari hasil penjualan yang bakal diperoleh di tahun fiskal 2016 (berakhir Maret 2017), menjadi 5,15 juta mobil. Penjualan global Honda akan meningkat untuk tahun yang keenam.

Honda berupaya mempertahankan momentum di Amerika dan China, di mana volume penjualan mencapai rekor tertinggi dalam kalender 2016. Di mana Honda memiliki line up produk SUV yang diterima baik di kedua pasar.

Untuk pasar Amerika, Honda akan meningkatkan output dari SUV dan truk pikap, karena permintaan melebihi pasokan. Mereka mengharapkan penjualan lebih tinggi pada minivan Odyssey, yang akan di-makeover penuh musim semi ini.

Karena popularitas SUV di China, Honda menikmati penjualan yang kuat dari kendaraan di sana. Honda juga mengantisipasi penjualan keseluruhan di China yang bakal tumbuh, karena keputusan pemerintah China, memperpanjang keringanan pajak pada kendaraan kecil sampai akhir 2017.

Kembali pada tahun 2012, Honda menargetkan penjualan 6 juta kendaraan di seluruh dunia pada tahun fiskal 2016. Tapi rencana ekspansi ambisius ini meleset dan membebani pengembangan mobil serta pekerja di garis depan, yang akhirnya mengarah pada “recall” subkompak Fit.

Target yang dipasang Honda untuk tahun fiskal 2017, bisa sewaktu-waktu direvisi, tergantung pada tren pasar, dan akan diumumkan secara resmi ketika perusahaan merilis pendacapaian 2016. Di lain pihak, Toyota Motor menargetkan penjualan global 10,2 juta kendaraan pada 2017, naik 1 persen dari angka yang diproyeksikan untuk 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com