Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya "Major Change" Motor sampai Rp 2 T

Kompas.com - 23/12/2016, 15:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Merancang bangun kendaraan tidak mudah, ada banyak sekali yang harus dipikirkan dan dikerjakan, terutama buat menyesuaikan regulasi dan selera pasar. Buat produsen, model baru adalah investasi dan itu tidak pernah murah.

Pengeluaran produsen tidak berhenti sampai merancang produk baru, tetapi juga berlanjut sampai ke pengembangan penyegaran ringan desain atau yang biasa kita kenal dengan sebutan facelift.

Setelah itu berlanjut ke major change yang artinya perubahan besar, tetapi tidak merambah ke struktur. Istilah major change juga kerap disamakan dengan All-New yang berarti terlahir kembali sebagai model baru.

“Karena sesungguhnya investasi di dalam negeri, untuk satu model saja kalau ditotal untuk major change sepeda motor itu Rp 2 triliun. Mobil bisa dua kali lipat lebih,” kata Gunadi di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Gunadi menjelaskan, biaya itu sebagian dibutuhkan untuk penyesuaian produksi. Kondisi berbagai peralatan berat di jalur produksi di pabrik mesti diganti jika desain kendaraan berubah.

Selain itu, ketika desain dan spesifikasi model berubah, divisi pemasaran dan penjualan pun ikut menyesuaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com