Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Mobil Merek China Sudah Nyaris Rampung

Kompas.com - 23/12/2016, 07:52 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah ramai diperbincangkan pada Agustus 2016 lalu, pasca kemunculan di muka publik untuk pertama kalinya, bagaimana kabar produsen mobil asal China PT SGMW Motor Indonesia. Apakah semua masih di dalam jadwal yang direncanakan?

Dian Asmahani, Brand Manager SGMW Motor Indonesia mengatakan,  kalau saat mereka masih berkonsentrasi menyelesaikan pembangunan pabrik. Fasilitas tersebut dibangun di atas lahan seluas 60 hektar, dengan pembagian 30 hektar untuk supplier parts dan 30 hektar lagi untuk produksi.

“Kami masih fokus akan pembangunan pabrik, dan saat ini sudah hampir selesai sekitar 70 persen. Jadi bisa dikatakan sudah hampir jadi, hanya tinggal finishing, melengkapi alat produksi dan kondisi bangunan yang sedikit dipoles, 30 persen lagi menuju penyelesaian,” ujar Dian kepada KompasOtomotif, Kamis (22/12/2016).

Baca juga : “Janji Manis” MPV China untuk Pasar Indonesia

Ghulam/KompasOtomotif Wuling Hong Guang 1.5L.

Dian menambahkan, kalau produk yang akan diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, bakal diusahakan untuk terus ditingkatkan komponen lokalnya. Persentasenya masih belum bisa dipastikan, tapi berjalan mengarah kepada peningkatan konten lokal bakal terus diupayakan.

“Masih menyesuaikan, pemasok di sini ada atau tidak, bisa atau tidak, karena mungkin ada perbedaan penggunaan bahan. Namun, saat ini sudah ada konten lokalnya, dan akan dinaikkan terus-menerus,” ujar Dian.

“Sampai saat ini, semua pekerjaan masih sesuai dengan jadwal, ke depannya akan kami update lagi,” ujar Dian. Kendaraan pertama SGMW, akan mulai dipasarkan pada kuartal ketiga 2017, dan akan memastikan layanan purna jual tersedia, di 50 diler seluruh Indonesia.

Pabrik SGMW Motor Indonesia berada di Greenland International Industrial Center (GICC), Blok BA Nomor 1 dan 2, di Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Peletakan batu pondasi pertama sudah dilakukan pada Agustus 2015 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com