Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Jadi ”Frontliner” Mitsubishi yang Baik

Kompas.com - 13/12/2016, 19:39 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Totalitas Mitsubishi memberikan pelayanan buat pelanggan tak hanya sebatas menyetarakan kualitas via kontes. Lebih dari itu, agar lebih afdol, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) juga melibatkan konsumen untuk memberi masukan dan penilaian demi mencari sosok frontliner yang diingini para pelanggan.

Indikatornya adalah Mitsubishi Motors Corporation (MMC) National Contest yang babak finalnya selesai diselenggarakan pada 5-7 Desember 2016 lalu di kantor pusat KTB, Pulomas, Jakarta Timur. Khusus untuk frontliner yang menjadi garda depan pelayanan kepada konsumen, seleksi dilakukan sangat ketat. Tak mudah untuk menjadi juara.

Proses seleksi diterapkan dengan cara yang berebda tahun ini, termasuk adanya babak playoff. Mereka harus melalui tiga tahapan. Uniknya, pada seleksi pertama, para frontliner mendapatkan penilaian signifikan melalui ”Crash Program”.

Inilah penilaian langsung dari pelanggan, yang sudah dilakukan selama tiga bulan dan selalu dimonitor oleh KTB untuk mengumpulkan perolehan nilai dari pelanggan melalui petugas sms center.

Pada tahap ini, dipilih 10 terbaik di setiap region (Region 1-JABODEATABEK & Jawa Barat, Region 2 – Jawa Tengah, Jawa Timur &  Bali, Region 3 – Sumatera & Indonesia Bagian Timur). Dalam Crash Program, setiap kontestan dan pelanggan yang terlibat akan mendapatkan hadiah menarik.

Tahapan selanjutnya, penilaian teori dan aktivitas di lokasi diler yang telah ditentukan untuk memastikan layanan yang diberikan sesuai dengan prosedur Mitsubishi. Pada tahapan ini, dipilih tiga terbaik. Bauat kontestan yang belum berhasil, masih dapat diikutsertakan pada babak playoff. Total akan didapatkan 13 frontliner terbaik secara nasional.

Para petugas terbaik dari deretan yang paling baik itu kembali diuji untuk menentukan juara nasional. Tahapan ini terbagi menjadi dua fase penilaian. Pertama, kontestan dipilih tiga terbaik mewakili region dengan sebelumnya harus ikut tes tertulis dan aktivitas roleplay.

Selanjutnya, kontestan dijadikan satu tim bersama dengan sales, Customer Service Officer (CSO), dan mekanik dalam satu aktivitas roleplay bersama untuk menuju frontliner terbaik nasional 2016. 

Tuntutan untuk frontliner pun berkembang, juga harus mampu menjual dari sisi afterservice seperti spare parts dan aksesori kendaraan, yang dapat menunjang profit bisnis service dari sisi pelayanan tahun ini dan tahun mendatang.

Tahun ini, frontliner terbaik Mitsubishi disabet Nur Safrizal dari PT Dwindo Berlian Samjaya, Jakarta. Dia akan diadu lagi dalam Global Frontliner Contest di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com