Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Masih Awam Soal Lelang Kendaraan

Kompas.com - 12/10/2016, 07:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif – Selain datang ke showroom, membeli mobil bekas juga bisa dilakukan dengan cara ikut lelang. Bukan hanya untuk para pedagang saja, lelang juga ternyata bisa diikuti oleh pemakai pribadi.

Daddy Doxa Manurung, Chief Operating Officer Ibid mengakui kalau peserta lelang, masih didominasi oleh para penjual mobkas. Padahal jika perorangan ada yang ikut, maka kemungkinan menang dan mendapat harga yang diinginkan lebih mudah.

“Pasalnya kalau pedagang itu saat melakukan penawaran, pasti berhenti di satu titik tertentu, karena mereka mencari margin atau keuntungan, karena mobil akan dijual kembali. Sementara kalau pribadi, bisa lebih tinggi dari itu sedikit saja tidak masalah,” ujar Doxa kepada KompasOtomotif, Sabtu (8/10/2016).

Doxa melanjutkan, edukasi seperti ini perlu disebarluaskan kepada masyarakat, di mana jika industri ini tumbuh, maka manfaatnya akan didapat banyak pihak, termasuk konsumen sendiri. Jadi harapannya akan semakin banyak masyarakat yang mau mengkuti lelang.

“Edukasi semacam ini seharusnya sudah menjadi tugas Direktorat Lelang, namun Ibid ikut ambil bagian dalam edukasi ini. Bagi yang ingin megikuti lelang di Ibid, jadwalnya Rabu dan Sabtu setiap pekan,” ujar Doxa.

Lokasi lelang yang dilakukan terletak di kantor Ibid-Balai Lelang Serasi, di Jalan Ciputat Raya Nomor 100, Jakarta Selatan. Selain di Jakarta, Ibid memiliki cabang lain di sembilan kota lain, yaitu Medan, Palembang, Pekanbaru, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com