Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebentar Lagi Mobil Balap Bisa "Teguk" Hidrogen

Kompas.com - 31/08/2016, 11:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif – Rasanya belum lama otomotif dunia merasakan angkatan baru mobil sport berteknologi hibrida. Tidak lama lagi, inovasi itu bakal ketinggalan zaman sebab genre baru sudah disiapkan menggunakan bahan bakar masa depan, Hidrogen.

Rumah desain asal Italia, Pininfarina sudah pernah menunjukan versi konsep jenis itu yang disebut H2 Speed di Geneva Motor Show. Di acara Concours d’Elegance yang digelar di Pebble Beach, California, pekan lalu, CEO Pininfarina Silvio Pietro Angori mengatakan kepada Automotive News, konsep bakal diteruskan menjadi mobil balap betulan.

H2 Speed akan dirancang menggunakan sasis Le Mans Prototype 2 yang masuk homologasi untuk kompetisi FIA. Sumber penggeraknya, sepasang motor listrik bertenaga 503 tk yang menggerakan kedua roda belakang. Motor listrik itu mendapatkan tenaga dari fuel cell hidrogen.

Prototipe menuju produksi dikatakan seharusnya sudah selesai awal tahun depan, setelah itu versi produksi bisa selesai 12 – 14 bulan kemudian. Pininfarina cuma membuat 10 unit, satuannya sekitar 2,5 juta dollar Amerika Serikat (Rp 33 miliar).

Angori mengungkap sudah banyak calon konsumen yang mengantre buat mendapatkannya. Mobil ini dideskripsikan Angori sebagai “a racing car for gentleman drivers”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com