Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Mobil Bisa Bawa Barang?

Kompas.com - 11/07/2016, 09:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mengangkut barang di mobil tidak bisa dilakukan sembarangan sebab ada hitung-hitungannya sendiri. Sebagai pengemudi yang berpandangan safety dan defensive driving, tentu ingin menghindari mobil kelebihan bobot sebab bisa berdampak buruk buat kestabilan mobil.

Lantas bagaimana caranya menghitung total berat yang boleh diangkut mobil? Buat menjawabnya, kita mesti cari tahu dulu di buku manual angka groos vehicle weight (GVW) atau hitungan berat kendaraan, setelah ditambah muatan dan curb weight (berat kosong) alias berat kendaraan tanpa muatan.

GVW dikurangi curb weight adalah total berat tambahan yang direkomendasikan pabrikan.

Menurut penjelasan Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, misalnya pada Karimun Wagon R memiliki GVW 1.350 kg dan berat kosong 835 kg. Selisihnya yaitu 515 kg.

Saat mudik, Karimun yang berkapasitas 5-penumpang terisi penuh. Asumsinya total berat penumpang yakni 350 kg jika satu orang dihitung 70 kg. Maka itu kapasitas bagasi yang ideal adalah 165 kg (515 kg – 350 kg).

“Selisih 165 kg itu diperuntukan pada barang,” kata Marcell, Jumat (8/7/2016).

Lokasi penyimpanan barang yakni di bagasi, namun jika dibutuhkan atap juga bisa digunakan. Namun, mesti diingat barang di atap harus disimpan rapi dan aman agar tidak terjatuh, serta dan tidak terlalu tinggi agar tidak mengganggu kestabilan mobil. Hal yang penting diingat jangan melebih daya angkut kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com