Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biker Menjelajah dari Bandung Sampai Paris

Kompas.com - 11/12/2015, 18:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tidak sering ada biker lokal yang mau touring lebih jauh dari lebar Indonesia, tapi sekalinya terjadi punya banyak cerita. Kali ini kisah perjalanan diukir oleh Mario Iroth dan Lilis Handayani dalam Wheel Story 3 yang bekerja sama dengan Michelin Indonesia.

Petualangan dua orang itu menunggangi Benneli 600, start dari Bandung, melintasi 16 negara di dua benua, hingga mencapai Paris, Prancis. Perjalanan ini membuahkan kesan penting, meski sudah merasakan bermacam medan menantang sejauh 24.860 km, kedua ban tidak diganti,

Febri Ardani/KompasOtomotif Benelli BN 600 yang dipakai menggunakan ban Michelin Pilot Road 4.
Kedua pelek model sport touring itu dilingkari ban Michelin Pilot Road 4. Ban ini dibekali teknologi XST+ yang memungkinkan pengereman lebih pakem saat kondisi basah dan punya durabilitas tinggi.

Mario mengatakan kondisi jalan paling parah ada di kawasan Asia, terutama Myanmar dan yang terparah India dan Nepal. Kombinasi jalan berbatu, lumpur, aspal rusak, genangan air, dan off-road.

Situasi mulai membaik ketika tiba di Eropa, namun tantangan berganti ke masalah iklim. Selama perjalanan, Mario dan Lilis menghadapi rentang suhu 2 – 50 derajat.

“Saya sebelum berangkat sudah kenalan dengan ban keliling Bandung. Ban adalah bagian yang pertama kali menyentuh aspal jadi harus yakin,” ujar Mario di Jakarta, (11/12/2015).

Sementara itu Lilis sebagai “boncenger” yang bertugas mendokumentasikan perjalanan dan mengurus administrasi lintas negara mengatakan, harus selalu siaga dan mengantisipasi situasi.Iia menjelaskan mengalami dua kali ban tubeless itu bocor, namun secara garis besar perjalanan dengan mengangkut berat sampai 250 kg itu nyaman dilakukan.

Wheel Story 3 akan berlanjut ke edisi keempat tahun depan. Selain jadi ajang pembuktian, Mario dan Lilis juga membawa misi mempromosikan nama Indonesia ke seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com