Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Ford Tetap Kompetitif di Segmen Mobil Listrik

Kompas.com - 11/12/2015, 15:54 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Dearborn, KompasOtomotif — Ford Focus elektrik merupakan mobil listrik penumpang pertama Ford yang dirilis pada 2011 lalu. Kini, produsen otomotif asal Amerika Serikat (AS) itu tengah mempersiapkan generasi terbarunya.

Pembaruan yang coba dilakukan Ford pada New Focus adalah sistem pengisian baterai yang lebih singkat ketimbang model sebelumnya. 

Worldcarfans, Jumat (11/12/2015), menuliskan bahwa Focus elektrik terbaru akan dilengkapi dengan sistem pengisian ulang cepat model terbaru (DC fast-charge system). Teknologi ini memungkinkan untuk mengisi ulang baterai dari kondisi kosong sampai 80 persen hanya dalam 30 menit.

Dengan daya 80 persen, baterai ini sudah bisa membawa New Focus elektrik berjalan sejauh 160 km.

Selain itu, Focus elektrik terbaru juga akan dilengkapi SmartGauge dan EcoGuide LCD Instrumen Cluster. Ford mengklaim, instrumen cluster tersebut akan menginformasikan banyak fitur yang menguntungkan pengemudi.

Salah satu contohnya yaitu bisa memantau penggunaan energi sehingga pengemudi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Mobil ini juga akan dilengkapi dengan Regenerative Braking System sehingga pengeremannya lebih maksimal.

Rencananya, Ford mulai memproduksi massal New Focus elektrik ini pada akhir tahun depan. Mobil listrik pertama Ford ini akan dipasarkan di Amerika Utara dan Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com