Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Terpukul, Daihatsu Hindari Kenaikan Harga

Kompas.com - 09/09/2015, 08:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dan tidak menunjukkan ”adanya perlawanan”, memukul PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen dan distributor mobil merek Daihatsu di Indonesia. Kendati demikian, merek Jepang itu bergeming dan belum ada rencana menaikkan harga.

Presiden Direktur ADM Sudirman MR, di sela penyerahan 50 unit Gran Max untuk Dewan Masjid Indonesia, Selasa (8/9/2015), di Komplek Istiqlal, Jakarta, mengakui bahwa perusahaan yang dipimpinnya terkena imbas di sisi produksi.

”Kan ada komponen impor yang membelinya pakai dollar. Rata-rata komponen impor (Daihatsu) 13 persen. Kami belum bisa menaikkan harga keran kondisi (perekonomian) masih lemah. Justru kondisi saat ini kami berikan perangsang berupa diskon agar stok tidak menumpuk,” kata Sudirman.

Sudirman menambahkan, untuk menaikkan harga pihaknya tak bisa sendirian. Di lain pihak, produsen lain juga mengalami hal yang sama dan berusaha menahan harga. Jika Daihatsu merevisi harga sendirian sementara yang lain tidak, dikhawatirkan justru semakin memperparah keadaan.

”Jadi memang kami sekarang bertahan, melakukan efisiensi pabrik dengan cost reduction, karena kami menampung tenaga kerja yang banyak di sini,” kata Sudirman.

Bertahap

Soal ini, Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra juga menambahkan, jika rupiah tidak turun di bawah Rp 14 ribu, dan mencapai batas atas toleransi, Daihatsu akan menaikkan harga jual, namun dilakukan bertahap.

”Kami akan menghitung kembali berapa kenaikan harga yang tidak berdampak kepada permintaan dan biasanya kita selalu (menaikkan) sedikit-sedikit. Walaupun jangka pendek rugi, tapi kami melihat jangka panjang,” ujar Amelia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com