Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo Siap Bangun Pabrik Baru di AS

Kompas.com - 30/03/2015, 13:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

California, KompasOtomotif - Volvo akan mengelontorkan dana 500 juta dollar AS (Rp 6,54 triliun) untuk mendirikan pabrik perakitan pertamanya di Amerika Serikat. Pengumuman ini disampaikan Senin (30/1/2015), yang menjelaskan bahwa Volvo sudah menemukan lokasi yang potensial untuk pabrik. Namun, belum belum bisa diinformasikan lokasi pasti dan kapan pembangunan pabrik dimulai.

Fasilitas baru ini merupakan bagian dari ambisi besar pabrikan asal Swedia itu untuk mendongkrak penjualan. Ini juga menjadi langkah signifikan Volvo setelah beralih kepemilikan dari Ford menjadi Geely dan menerima suntikan modal segar.

"Volvo Cars tidak bisa mengklaim diri sebagai pemain global tanpa ada fasilitas industri di AS. Sekarang, kami sudah menyatakan demikian," jelas Hakan Samuelsson, CEO Volvo dilansir Reuters (30/3/2015).

"AS merupakan bagian penting dari transformasi global kami dan pengumuman hari ini menjadikan poin penting kalau Volvo hadir di AS dan berniat untuk tinggal," lanjut Hakan.

Pabrik ini rencananya difokuskan untuk memasok kebutuhan pasar terutama di AS, dengan target penjualan 100.000 unit per tahun. Tahun lalu, Volvo berhasil menjual 56.366 unit di AS dan berhasil melampaui 100.000 unit pada 2007, ketika itu mencapai 106.213 unit.

Rencana pembangunan pabrik ini kabarnya sudah direncanakan sejak dua tahun terakhir. "Sekarang fokus kami adalah mendorong pertumbuhan bisnis dan kembali menembus penjualan di atas 100.000 unit," imbuh Hakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com