Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrikan India Siap Caplok Pininfarina

Kompas.com - 27/03/2015, 11:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Mumbai, KompasOtomotif - Rumah desain ternama asal Italia, Pininfarina dikabarkan tengah diintai Grup Mahindra dari India. Perusahaan berusia 85 tahun ini sudah lama menjadi mitra Ferrari dan Alfa Romeo, Maserati, Peugeot, dan pabrikan lain, menciptakan desain ekslusif untuk beberapa model khusus.

Kini, Pininfarina dikabarkan tengah bernegosiasi dengan Mahindra, disebut sumber yang mengetahui rencana ini, dilansir Reuters (25/3/2015). Perusahaan asal India itu disebut-sebut mau mencaplok saham mayoritas kepemilikan Pininfarina, sekaligus memposisikan diri sebagai pemilik baru.

Pininfarina dikabarkan masuk dalam perusahaan yang terimbas krisis ekonomi Eropa. Pemangkasan jumlah tenaga kerja sudah dilakukan sampai setengah sejak posisi 2006. Pada 2011, perusahaan mengumumkan akan mengakhiri perakitan mobil, seiring berakhirnya kontrak kerja sama dengan Alfa Romeo dan Volvo berakhir, meninggalkan divisi desain tetap beroperasi.

Buat Mahindra, kepemilikan saham di Pininfarina akan mendongkrak citra mewah bagi perusahaan sekligus kemampuan menciptakan mobil-mobil berpenampilan lebih menarik di masa depan.

Tahun lalu, Mahindra juga menyatakan ketertarikannya menggandeng dengan NEVS, yang mengakuisisi pabrik Saab. Mahindra juga terus mendorong Ssangyong menciptakan SUV barunya dan memasarkan ke pasar Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com