Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Luas dan Nyaman di Kabin Truk Hino New Ranger 500

Kompas.com - 19/01/2015, 18:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Banyak fitur dan pembaruan yang disematkan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) terhadap New Ranger 500, truk medium yang mempunyai 37 varian. Salah satu fokus utama adalah membuat sopir semakin nyaman dan betah di dalam kabin.

Untuk melakukan itu, sebenarnya tidak ada fitur yang istimewa, namun dianggap sangat mendasar untuk membuat sopir tidak cepat lelah dan stres. KompasOtomotif berusaha memahami hal tersebut dari sudut pandang seorang pengemudi dalam test drive di lapangan parkir Sirkuit Sentul, Bogor, Senin (19/1/2014).

Kesan yang ”memudahkan” sudah muncul saat akan memasuki kabin. Hino membuat handel di kanan (bawah pilar A) dan sebelah jok untuk pegangan. Sementara kaki, selain disiapkan pijakan, juga bisa memanfaatkan pelek untuk dijadikan tumpuan kaki.

Duduk di jok, disambut dengan tampilan kabin warna abu-abu yang simpel. Sabuk pengaman tiga titik siap mengikat. Setir menganut sistem tilt and teleskopik (bisa ditarik maju-mundur atau naik-turun), salah satu cara untuk membuat duduk nyaman.

Hino for KompasOtomotif KompasOtomotif berada di kabin Hino New Ranger 500 untuk merasakan kenyamanan kabin.

Kelengkapan

Pedal-pedal didesain sedemikian rupa (model menggantung) membuat kaki merasa tidak kagok saat menginjaknya. Banyak ruang penyimpanan, terdapat pada pintu, panel dashboard 5DIN yang tidak semuanya dipakai untuk audio, hingga atap.

Menengok ke belakang sebentar, terdapat kabin tambahan untuk tempat beristirahat yang cukup lapang, bahkan untuk tiduran. Kesan berada di kabin sangat luas dan lapang.

Memperhatikan panel indikator, terdapat MID yang menampilkan informasi sisa bahan bakar, suhu, odometer, serta tripmeter. Secara keseluruhan, posisi duduk dan jarak pandang sudah membuat pengemudi nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com