Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penantang CBR250R dan Ninja RR Mono asal Korea

Kompas.com - 12/03/2014, 10:52 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Hyosung GD250N muncul pertama kali di pameran Intermot, akhir tahun lalu di Cologne, Jerman untuk menantang jawara-jawara sepeda motor sport 250cc dunia. Banyak yang merespons, tapi yang memandang sebelah mata juga tak sedikit. Padahal penantang asal Korea Selatan ini membawa teknologi dan desain yang tidak sepele.

Gosip yang beredar sang penantang akan berkespansi ke Amerika, dan berbagai media di sana mulai ramai membicarakan. Bagaimana profil GD250N sebenarnya? Dialah sosok yang yang diciptakan Hyosung untuk maju menghadapi Kawasaki Ninja 250/300, Honda CBR250/300R, Suzuki GW250 (Inazuma), atau bahkan KTM Duke 390 dan 200.

Hyosung Teknologi yang diusung tak kalah dengan para pesaing.

Teknologi yang diusung sangat bisa bersaing. Mesin 250cc, injeksi, DOHC 4 katup, berpendingin carian dengan diameter silinder (bore) 73 mm dan panjang langkah piston (stroke) 59,6 mm. Tenaga yang dikeluarkan mencapai 28 PS, sangat kompetitif dengan Honda CBR300R dan punggawa lain di segmen ini.

Ringan
Sepeda motor ini juga ringan, hanya 156 kg (sudah termasuk cairan). Rupanya Hyosung merespons keluhan tenaga yang kurang dari pendahulunya, varian GT250 dan GT250R dengan konfigurasi dua silinder yang bobotnya lebih berat 22 kg.

Hyosung Bobotnya ringan didukung struktur memadai untuk membuat sepeda motor ini diklaim lincah.

Kelebihan lain yang membuatnya enteng adalah lengan ayun aluminium. Cakram rem depan 300mm dengan cengkeraman kaliper empat piston. Ban belakang 150/60-17, menjanjikan pengendalian yang lebih lincah. Secara keseluruhan ditopang oleh rangka trelis-diamond, dengan wajah yang lebih ”bersih”, salah satunya karena knalpot yang muncul di bawah rangka.

Tongkrongan cukup tinggi, mencapai 78,9 cm, mirip karakter supermoto yang mengutamakan kenyamanan berkendara. Soal tampang keseluruhan, sisi futuristik lebih ditonjolkan. Sepeda motor telanjang ini punya desain atraktif mulai dari lampu yang berbentuk seperti bongkahan batu hingga tangki dengan banyak sudut.

Harga belum bisa dipastikan. Tapi diyakini tak akan jauh dari varian GT250 yang saat ini dibanderol 3.799 dollar AS atau setara Rp 43 juta. Ada indikasi Biker Amerika Serikat lebih suka mesin satu silinder. Selain lebih ringan, lincah, dan jago ”narik”, biaya perawatan juga relatif lebih rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com