Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komuter: Jadi "Biker" Lebih Menyenangkan

Kompas.com - 18/02/2014, 07:10 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber visordown
London, KompasOtomotif - Lokasi kerja yang berjauhan dengan tempat tinggal membuat Anda mengubah status menjadi komuter. Anda harus bangun sebelum subuh untuk mengejar kereta pagi atau berdesakkan di dalam bus dan kembali setelah matahari terbenam.

Selain menghabiskan waktu lebih lama di jalan, kondisi ini juga membuat stress makin tinggi ketimbang mereka yang mengendarai sepeda motor. Biker, yang berstatus komuter, terbukti lebih hidupnya lebih menyenangkan ketimbang mereka yang memilih transportasi lain, seperti mobil, bus, kereta, taksi, sepeda, bahkan berrjalan kaki untuk aktivitas harian. 

Hal tersebut disimpulkan oleh Office for National Statistic (ONS), lembaga survei yang melaporkan data-data publik kepada pihak parlemen di Inggris. Sekitar 60.200 orang yang ikut dalam poling sederhana yang dilakukan ONS, berkaitan dengan kesenangan, kekhawatiran, dan kepuasan hidup.

Empat hal sama yang ditanyakan kepada responden sesuai standar survei penduduk (Annual Population Survey/APS) adalah:

- Secara umum, seberapa puas Anda dengan kehidupan saat ini?
- Secara umum, sejauh mana menganggap hal yang Anda lalukan berharga?
- Secara umum, seberapa senang hati Anda kemarin?
- Secara umum, seberapa khawatir Anda kemarin?

Seluruh responden diminta memberikan jawaban berdasarkan skala 0-10. Hasil survei, ternyata yang paling menyedihkan adalah komuter yang setiap hari harus pergi kerja menggunakan taksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com