Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lucu, Mobil Komuter Listrik dari Oslo

Kompas.com - 12/10/2010, 17:41 WIB

OSLO, KOMPAS.com — THINK memproduksi city car listrik. Bingung, pabrikan mobil dari mana lagi ini? Prinsipal tersebut berasal dari Oslo, ibu kota Norwegia. Kendaraan yang diproduksi dan diumumkan pada Senin (11/10/2010) merupakan unit yang ke-2.500.

"Ini peristiwa penting untuk memantapkan penjualan city car THINK sebagai mobil listrik di dunia," komentar CEO THINK Barry Engle.

Uniknya, THINK bukan dirakit di Oslo, melainkan menumpang fasilitas pabrik milik Valmet Automotive's (VA) di Finlandia. VA merupakan perusahaan pembuat komponen mobil yang disuplai antara lain untuk Porsche dan Fischer Karma (Amerika) serta merakit Porsche Cayman.

Adapun persiapan dalam membangun kendaraan listrik dua tempat duduk komuter sudah dimulai sejak 1999. Lagi-lagi, tonggak sejarah itu dilakukan di pabrik jantung Amerika di Elkhart, Indiana. "Membawa rancangan mobil listrik ke Amerika untuk pertama kali merupakan peristiwa penting dalam sejarah THINK," urai Engle. Lanjutnya, Negeri Paman Sam itu merupakan pasar terbesar di dunia untuk segmen kendaraan listrik.

Produksi unit ke-2.500 ini merupakan generasi kedua, sedangkan versi ketiga dijadwalkan muncul pada 2012 untuk pasar Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com