Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban buat MPV yang Bisa Bantu Hemat BBM

Kompas.com - 29/01/2014, 18:39 WIB
Karawang, KompasOtomotif- Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) baru meluncurkan ban yang didesain khusus untuk MPV, yakni Ecopia MPV-1. Desain tapak dan kompon yang dipakai disesuaikan dengan kondisi jalan di Tanah Air. Diklaim, karet bundar tersebut mampu berkontribusi dalam menghemat penggunaan BBM, tahan lama, dan punya daya cengkram mumpuni. Riset, pengembangan, dan serangkaian pengujian dilakukan selama beberapa tahun terakhir untuk menciptakan hasil terbaik.

“Kami sangat senang bisa menghadirkan Ecopia MPV-1, karena sangat sesuai dengan kategori kendaraan yang mendominasi pasar mobil di Indonesia. Ecopia menggabungkan stabilitas dan respon luar biasa, dengan hambatan gulir rendah sehingga bisa berkontribusi terhadap penghematan bahan bakar, serta mengurangi emisi gas buang CO2,” ungkap Tomoya Sano, Direktur Marketing and Sales BSIN.

Pertimbangan
Dijelaskan, dari hasil riset ada 3 hal yang melandasi pembuatan MPV-1 untuk mengatasi permasalahan umum yang kerap dilanda mobil keluarga 7 penumpang. Pertama, ground clearence tinggi cenderung mengakibatkan kurangnya stabilitas dan mudah kehilangan traksi. Terutama saat menikung, pindah jalur atau pada kondisi jalanan bergelombang.

Kedua, bobot atau beban yang relatif berat yang menyebabkan berkurangnya stabilitas berefek pula pada pengikisan ban yang tidak merata. Kedua hal tersebut juga memberikan kontribusi penggunaan BBM yang cukup boros.

Hasil
Dengan 3 masalah tersebut alhasil diciptakan ban dengan pola tapak asitmetris (dua sisi pola yang berbeda pada sisi dalam dan luar). Sisi dalam punya alur slot pada daerah pundak ban untuk mencegah keausan yang tidak merata. Sekaligus memberikan traksi yang baik pada saat yang bersamaan. Terlebih pada saat kendaraan penuh dengan penumpang dan barang bawaan.

Sementara, di sisi luar diperkuat dengan patern yang lebih lebar sehingga mampu meningkatkan stablitas dan pengendalian yang langsung pada saat menikung.

Ukuran
Varian tersebut punya 3 pilihan ukuran, 185/70 R14, 185/65 R15 dan 205/65 R15. Untuk harga mulai Rp 781.000 hingga Rp 1,009 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com