Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Perubahan Avanza!

Kompas.com - 15/05/2013, 17:05 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Toyota Indonesia meluncurkan New Avanza dengan tambahan kelengkapan keselamatan, yaitu dua kantong udara untuk pengemudi dan penumpang depan. Menurut Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), pengembangan ini sudah menjadi bagian dari perencanaan prinsipal.

"Produk ini harus berusia lama. Sambil menunggu model baru keluar 7-8 tahun lagi, butuh penambahan-penambahan supaya tetap segar," komentar Johnny di sela-sela peluncuran, Hotel FourSeasons, Kuningan, Jakarta Selatan, hari ini (15/5/2013).

Fokus pengembangan Avanza, jelasnya, lebih pada faktor keselamatan dan kenyamanan. Beberapa kelengkapan yang dipasang antara lain dua kantong udara, sabuk pengaman dengan pretensioner/force limiter, pengingat memakai sabuk, sliding brake pedal, dan knee bolster. "Seluruh kelengkapan ini berfungsi mengurangi potensi cidera pengemudi bila terjadi tabrakan," beber Achmad Ridjal, Perencanaan dan Pengembangan Produk TAM.

Avanza baru juga diklaim lebih nyaman karena kini punya busa jok yang lebih tebal. Peredam getaran dan suara dari luar juga diperbarui, lebih tebal sehingga meningkatkan kekedapan kabin. "Memang bobotnya bertambah, tetapi tidak berarti. Untuk kekedapan, saya lupa penurunan tingkat kebisingannya," beber Rizal.

Semua tambahan itu kini sudah menjadi standar di semua tipe Avanza, termasuk Veloz. "Sebenarnya, harga naik Rp 5 juta-Rp 6 juta. Namun kami hanya menaikkan Rp 3 juta untuk semua varian," tutup Johnny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com