Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Loopwheel", Roda Sekaligus Suspensi!

Kompas.com - 14/05/2013, 14:35 WIB

London, KompasOtomotif – Desainer industri asal Inggris, Sam Pearce, mempresentasikan penemuannya yang bisa mengganti roda tradisional. Pada temuan ini, roda  bersama ban,  tidak lagi menggunakan jari-hari berupa palang, tetapi diganti dengan bulat-bulatan lentur di dalam lingkaran roda.  Hebatnya, bulatan tersebut bisa berfungsi sebagai suspensi.

Untuk sementara, konsep ini dicobakan pada sepeda. Diperkirakan, nantinya bisa untuk roda sepeda motor dan mobil.

Bulatan-bulatan lentur tersebut dibuat dari karbon komposit, merupakan hasil kerjasama dengan perusahaan pembuat busur panah. Kekuatan roda yang kemudian disebut Loopwheels ini, dijamin sama dan lebih nyaman ketimbang pelek biasa.

”Inspirasinya dari para pengguna sepeda lipat. Sebagian besar mengatakan kurang nyaman karena tidak dilengkapi dengan suspensi. Roda ini menutupi kekurangan itu. Tersedia dalam ukuran 20 dan 26 inci,” ujar Sam Pierce, dikutip FoxNews.

Pierce mengatakan, sebelum dirilis, pelek dan ban dites sampai 10.000 mil (16.000 km) tanpa balancing. Meski saat ini dibuat untuk sepeda, Loopwheels juga dipatenkan untuk sepeda motor dan mobil.

Harga satu set, lengkap dengan gir tiga percepatan dan piringan rem, yaitu 490 poundsterling (Rp 7,3 juta). Pengguna di luar Inggris bisa memesan lewat Loopwheels.com.

Berikut cara kerja roda tersebut! 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com