Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW F800GS Adventure, Lebih "Bandel"

Kompas.com - 03/05/2013, 14:27 WIB

Berlin, KompasOtomotif – BMW Motorrad mengumumkan peluncuran F800GS Adventure, versi lebih bandel, sepeda motor dua alam yang berada di kelas menengah. Model ini merupakan langkah berani produsen Jerman itu menyediakan versi adventure untuk kelas yang lebih kecil setelah R1200GS.

Sama  dengan versi standar, Adventure bermesin 798 cc bersilinder kembar sejajar, berpendingin cairan ini, menghasilkan tenaga 85 PS @7.500 rpm dan torsi maksimum 82,6 @pada 5.750 rpm.

Rangkanya dibuat dari besi pipa, namun penyangga (subframe) di bagian belakang dirombak agar bisa membawa  bahan bakar lebih banyak, 7,9 liter. yaitu menjadi total 23,9 liter. Alhasil, jarak tempuh untuk sekali jalan bertambah 120 km. 

Perubahan lain, desain untuk mendukung petualangan seru. Tempat duduk dibuat lebih besar dengan tameng angin lebih tinggi.  Perubahan lain, pelindung tangan, pijakan kaki lebih lebar, performa rem yang makin mantap, pelindung mesin dan tangki, rak penyangga barang, melengkapi ubahan untuk para petualang.

Pilihan
”Tongkrongannya” lebih tinggi karena jok kini dibuat lebih tebal. BMW menawarkan jok dengan posisi lebih rendah 1,1 inci. Dengan beberapa perubahan itu, bobotnya  naik 14,8 kg dibandingkan versi standar, hingga menjadi 228,9 kg.

ABS sudah menjadi peranti standar, disamping kelengkapan seperti Automatic Stability Control (kontrol traksi) dan Electronic Suspension Adjustment (pengatur suspensi).

Untuk modle yang sudah dilengkapi kontrol traksi, BWM melengkapi dengan mode berkendara ”Enduro”,memerintahkan ABS and ASC bekerja lebih keras agar tidak selip, meningkatkan kemampuan berakselerasi dan  menambah tingkat kepekaan rem saat diajaki beraksi di medan off-road.

Paket yang ditawarkan, Comfort dengan komputer onboard, pemanas setang dan standar tengah. Sedangkan paket ”Enduro” dilengkapi ASC.Unntuk ”Special” ditambahi kotak penyimpanan aluminium, tas untuk diletakkan di tangki, dan GPS BMW.  Untuk harga, BMW belum mengumumkannnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com