Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 ”Bikers” TVS Apache RTR 180 Siap Taklukkan 7 Danau

Kompas.com - 07/04/2013, 16:42 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Empat bikers dengan latar belakang berbeda, punya gagasan yang perlu diapresiasi. Mereka ingin menjalankan ekspedisi menaklukkan berbagai danau (ranu). Niatan ini pun dikerucutkan dan tercipta "Ekspedisi Sap7aranu"  (baca: saptaranu) dengan rencana perjalanan kurang lebih 8.000 km mengendarai  sepeda motor TVS ditempuh 50 hari .

Ide berawal dari Riza Amrullah, bikers yang sempat mengikuti gathering Nusantaride di Danau Ranau Sumatera Selatan. Lalu, dia mengajak Andry Berlianto (penulis dan instruktur safety riding), Rere Theorandaru (videografer), dan Andre Prihard (agen perjalanan wisata). Ini merupakan paket lengkap untuk merasakan, mendokumentasikan, menulis dan menyiarkan, serta mempromosikan perjalanan.

"Biasanya danau terletak di lokasi terpencil dengan akses sulit, sehingga segala potensi belum banyak diketahui secara umum. Kami ingin mengangkat destinasi danau agar tak kalah populer ketimbang pantai dan pegunungan," ujar Andry Berlianto, salah satu bikers.

Dukungan TVS
Rencana ini disambut PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) dengan memberikan keempatnya TVS Apache RTR 180 untuk diuji ketangguhannya. Semua spesifikasi dibiarkan standar , hanya terdapat beberapa rombakan untuk menyesukaian dengan perjalanan seperti penambahan ruang penyimpanan di belakang, tameng angin, pelindung tangan, dan ban semi off-road.

"Visi mereka sama, mengekspos keindahan dan potensi alam Indonesia, di mana bisnis kami juga akan merambah jaringan di seluruh pelosok daerah. Sekaligus membuktikan bahwa kendaraan kami tangguh dipakai di segala medan. Tidak akan ada pengawalan atau tim mekanik, kami lepas, karena yakin tidak akan terjadi apa-apa," tegas Herry Budijanto, Chief Marketing Officer TMCI.

Perjalanan
Tim akan bergerak mengeksplorasi tujuh danau di Sumatera, yaitu Danau Ranau, Maninjau, Singkarak, Diateh Dibawah, Kerinci, Toba, dan Laut Tawar. Tapi tim berjanji, tak hanya tujuh danau tersebut, beberapa danau lain juga akan dijelajahi sambil berjalan ke Sabang, Museum Tsunami Meulaboh, hingga Ombak Bono dan Suku Anak Dalam di Jambi.

Perjalanan dimulai 5 Mei 2013, start dari Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com