Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gril dan Logo Kloning Mobil Mewah Marak di China

Kompas.com - 18/03/2013, 18:59 WIB

Beijing, KompasOtomotif – Urusan jiplak-menjiplak serahkan kepada produsen aksesori di China. Paling baru, banyak mobil China kini memasang logo dan gril dari merek mewah, khususnya di Beijing.  Karena undang-undang hak cipta tidak digubris, bisnis gril dan komponen tiruan mobil mewah tumbuh seperti jamur.

Seperti dilansir Motorbeam, kini banyak orang membeli mobil merek lokal, lalu mencari komponen dan aksesori tiruan. Misalnya seperti di foto, sedan Brilliance H530 menggunakan gril danlogo BMW Seri-5. Juga ada SUV Brilliance V5 dengan gril dan logo seperti BMW X1.

BMW memang menjalin kerjasama dengan Brilliance Auto untuk merakit mobil yang dipasarkan di negara tersebut. Brilliance Auto membuat sedan dengan wajah mirip BMW. Hal tersebut memudahkan pengusaha aksesori menyediakan gril dan emblem tiruan dengan harga supermurah.

Tak cuma komponen wajah, untuk Brilliance HB30 yang mirip BMW Seri-3 malah tersedia pelek, setir, logo dengan huruf. Kalau semua komponen tersebut dipasang, orang tidak tahu bahwa mobil yang dilihatnya aslinya dalah merek China. Biayanya, satu set untuk menyulap sehingga mirip dengan ”BMW”, hanya 65 dollar AS (tak sampai Rp 700.000).

Korban lain adalah Lexus RX, gril dan logonya dikloning untuk BYD (Build Your Dream) S6. Lalu, Mercedes-Benz B-Class jadi-jadian dari BAIC (mitra Mercedes-Benz di China) tipe BC301Z. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com