Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha XS650 Buluan Tanpa Rem Depan

Kompas.com - 22/11/2012, 19:07 WIB

Bandung, KompasOtomotif – Penampilan menggambarkan kepribadian, itulah yang diperlihatkan Yamaha XS 650 lansiran 1978 ini. Dari corak dan ubahannya, dipastikan sang pemilik, Ronny Hermawan suka burung. Karena itu pula gambar sayap dan bulu menghiasi sepeda motor yang telah dimodifikasi tersebut. Kuda besi berdarah retro ini tampak lebih hidup berkat garapan rumah modifikasi Retrogrades Slaughter House (RSH).

”Ronny keukeuh ingin sepeda motornya diubah, tapi nggak jauh-jauh dari unsur burung. Saya berpikir, karakter old skool harus dipertahankan agar temanya nyambung,” jelas Raditio Martin, juragan RSH.

Rangka khusus 
Tahap awal pengerjaan, semua bagian dibuang danhanya menyisakan seonggok mesin renta yang masih bertenaga. Rangka dikustom atau dibuat khusus dari pipa seamless berdiameter 33 mm. Untuk mendapatkan kesan retro yang kuat, rangka rigid dibuat agak ceper. Setelah itu barulah, dipasang suspensi depan, tangki, spakbor bikinan RSH.

Rangka dibuat seukuran Harley-Davidson Sporster. Menurut Didot, sapaan karib Raditio, ukuran itu sangat cocok untuk menggendong mesin Yamaha lawas yang tidak terlalu besar. 

Selanjutnya, roda depan dipasangkan dengan pelek dari Harley-Davidson lawas 21 inci berbalut karet Avon Speedmaster MK II 3.00. Belakang, pelek alloy 16 inci, juga dari Harley kuno, dipadu dengan ban Coker Beck 5.00. Tidak ada rem di depan (brakeless), namun belakang dicangkokkan satu set rem dari Harley-Davidson.

Desain tangki
Khusus untuk tangki, idesainnya khusus. Tutup dipasangi ornamen berbentuk sayap burung. Bodi tangki di-airbrush dengan gradasi abu-abu. Sejumlah bulu burung pun ditemui dalam bentuk hasi pengecatan.  

”Kesannya seperti timbul atau tiga dimensi yang dilakukan dengan teknik khusus. Warna bulu burung biasanya gradasi. Dibuat semirip mungkin,” tegas Didot.

Selanjutnya, di belakang dipasangi hardtail dengan spakbor dari pelat galvanish. Penampilan sepeda motor ini semakin ciamik ketika dipasangkan dengan sissy bar berbentuk bulu burung. 

Lampu depan dibuat dengan bentuk segitiga, sementara belakang ditancapkan rangka pelat nomor di sisi kiri ban belakang.

Hasilnya, sSepeda motor ini tampak makin serasi dengan jok kulit olahan barudak RSH, juga bernuansa burung. Karena burungnya banyak bulu, Ronny menamakan  sepedamotor ini ”Buluan”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com