Jumat, 28 November 2014

Otomotif


Daihatsu Sebarkan Virus Modifikasi

Penulis: Agung Kurniawan | Kamis, 27 September 2012 | 19:16 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : KompasOtomotif | Author : AGK

    Sirion Sport terlihat lebih sporty dengan warna kuning.

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : AGK

    Xenia Attivo terlihat elegan dengan pelek lebar.

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : AGK

    Terios terlihat sporty dengan roof rail spesial untuk sepeda.

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : Roderick Adrian Mozes

    Meski sentuhan ringan, penampilan Luxio jadi keren

Jakarta, KompasOtomotif — Tampilnya calon mobil murah Astra Daihatsu Ayla dan tiga mobil konsep (Cube, D-R, dan D-X) merupakan "bintang" Daihatsu Indonesia di ajang IIMS ke-20 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Selain keempat mobil tersebut, PT Astra Daihatsu Motor juga memajang produk line-up-nya. Agar tetap dilirik pengunjung, sentuhan modifikasi dilakukan untuk menginsipirasi konsumen. Inilah mobil-mobil yang sudah didandani tersebut.

Terios

SUV kecil ini dikembangkan dengan konsep "Daihatsu Life Style Adventure" menggabungkan sisi maskulin. Ubahan tampak dari penggunaan pelek racing dengan desain bodi yang membesar. Di kabin belakang, dirancang kompartemen lemari yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang bawaan.

Tak ketinggalan, dengan makin maraknya olahraga sepeda di kalangan masyarakat, tim dari Daihatsu juga melengkapinya dengan Thule Bicycle Rack, untuk mengangkut sepeda. Dibalut warna abu-abu, Terios terlihat lebih maskulin tetapi tetap dinamis. Untuk menghasilkan tampilan ini, estimiasi biaya yang dihabiskan Rp 180 juta.

Sirion Sport

Hatchback yang satu ini kuat dengan tampilan bernuansa sport. Pengaplikasian rear kit body dengan pelek 17 inci mendukung konsep yang coba dibangun. Bagian interior juga diubah dengan penambahan setir racing dan bangku tipe semi-bucket, layaknya mobil balap sungguhan. Semua itu dipadu dengan warna kuning dan stiker bodi yang makin memperkuat kesan sporty. Estimasi biayanya mencapai Rp 25 juta.

Xenia Attivo

Tampilan Xenia Attivo juga tidak standar, tapi sudah dilengkapi pelek 17 inci dilengkapi Roof Rail Thule. Panel cross over rocker, kaca spion, dan bingkai kaca belakang dicat warna hitam sehingga memberi kesan lebih elegan. Bagian dalam mengutamakan konsep kenyamanan dengan seluruh permukaan jok, setir, dan door trim dibalut bahan kulit. Pada sandaran kepala ada layar monitor terhubung dengan konsol permainan PS 3. Ongkos yang dikeluarkan modifikator mencapai Rp 26 juta.

Luxio Quartett

Luxio Quartett menampilkan konsep MPV elegan berkapasitas 4-penumpang dilengkapi dengan dua bangku captain seat berlapis kulit. Bagian atas kabin terdapat layar monitor. Beberapa kelengkapan lain yang disediakan pada interior meliputi coolbox, home theater audio, ambiance lighting. Sementara itu, nuansa mewah diperkuat dengan pemilihan warna dark grey yang bisa mengurangi kesan panas di dalam kabin.

Eksterior Luxio Quartett terinspirasi warna piano, mengombinasikan dua warna hitam dan graphite white. Pemilihan pelek lebar palang sepuluh makin mengisi jejak kaki-kaki MPV yang sering dijuluki "Baby Alphard" ini. Biaya yang dikeluarkan untuk modifikasi ini mencapai Rp 200 juta.

Gran Max

Tidak kalah menarik, Gran Max dengan konsep toko keliling yang disebut dengan merchandise store. Bagian atas mobil ini karoseri sehingga lebih tinggi, sementara bagian sampingnya bisa dibuka seperti etalase toko. Butuh dana Rp 30 juta yntuk memiliki karoseri ini.

"Beberapa produk display sengaja kami ubah sebagai acuan bagi pengguna yang ingin memodifikasi kendaraannya," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Daihatsu juga menegaskan, semua kendaraan modifikasi yang dipajang tidak dijual, tetapi bisa jadi contekan konsumen untuk tampil beda.


Editor : Bastian